Salsabila A a wanderer and a writer

10 HARI AWAL DZULHIJJAH, HARI TERBAIK SEPANJANG TAHUN

1 min read

10 HARI AWAL DZULHIJJAH, HARI TERBAIK SEPANJANG TAHUN

Biasanya, umat muslim banyak berlomba-lomba beribadah di bulan Ramadhan karena pahala yang di dapatkan bisa berlipat ganda. Apalagi nih, di 10 hari terakhir sebelum lebaran idul fitri. Umat muslim berbondong-bondong melakukan i’tikaf dan berharap-harap cemas bisa dapet lailatur qadr, atau malam 1000 bulan. Tapi ternyata, selain di 10 hari terakhir Ramadhan ini ada lagi nih 10 hari lain yang lebih istimewa.

 

Yup, 10 hari awal dzulhijjah.

 

Emang se-istimewa apa sih 10 hari pertama Dzulhijjah itu? Apa iya bisa mengalahkan keistimewaan malam lailatur qadr?

 

Dalam sebuah hadist shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda “Tidak ada amalan yang lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya “Tidak pula jihad di jalan Allah?”. Rasulullah menjawab “Walaupun dengan jihad, kecuali jika seseorang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun (mati syahid).” (HR. Al Bukhari).

 

Inilah saatnya, 10 hari awal dzulhijjah yang jadi hari-hari paling mulia di sepanjang tahun. Ya bayangin aja, sekecil apa pun amalan yang dilakukan, bahkan dengan menyebut subhanallah aja, ketika di jalankan di 10 hari awal dzulhijjah pahalanya lebih besar dari pahala orang yang berjihad! Tuh, kesempatan emas banget kan jadi bisa nabung pahala tanpa harus pergi bertaruh nyawa ke medan perang?  

 

Beberapa amalan yang disyariatkan untuk dikerjakan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini di antaranya adalah:

 

1. Haji dan Umroh

2. Puasa (kecuali di hari ke 10 karena masuk hari-H idul adha)

3. Perbanyak dzikir

4. Bertaubat

5. Tidak memotong rambut dan kuku bagi yang berkurban

6. Sholat ied Adha (jangan lupa sehabis sholat jangan rumpi, simak baik-baik khutbahnya)

7. Berkurban

8. Perbanyak sedekah

9. dan melakukan amalan-amalan lainnya.              

 

Nah, jadi buat kamu yang belum dapet malam lailatul qadr di malam ganjil bulan Ramadhan, tak perlu patah semangat dalam ibadah karena ada momen 10 hari pertama Dzulhijjah yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan amal sholeh sebanyak-banyaknya. Bahkan pahalanya mengalahkan jihad di jalan Allah. Wallahu’alam

 

Ust. Khalid Basalamah dalam salah satu tausiyahnya juga menyebutkan, ada satu lagi keistimewaan lain dari 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah dibandingkan dengan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Kalau habis sholat ied pas idul fitri itu kan ngga ada ibadah khusus yang dilakukan. Paling salam-salaman, makan ketupat opor, nyicip nastar tetangga, piknik sama keluarga, atau bahkan bobo cantik di rumah juga bisa.

 

Beda halnya sama sholat ied adha, soalnya habis sholat selesai ada ibadah lain yang harus ditunaikan, yakni menyembelih hewan kurban. Jadi euforia nya seharusnya lebih afdol di idul adha daripada idul fitri, meskipun dua-dua nya sama-sama spesial bagi umat muslim di seluruh alam semesta. 

 

Oya, ngomongin soal kurban, btw itu hape udah ganti berkali-kali tapi nabung buat beli kambing kurbannya udah belom tuh?

8
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer