Desi Wulandari Buruh teks serabutan

YANG PERLU JEMAAH UMROH KETAHUI DARI TUGAS TOUR LEADER

1 min read

YANG PERLU JEMAAH UMROH KETAHUI DARI TUGAS TOUR LEADER

Memimpin rombongan besar untuk melakukan perjalanan jauh pastinya bukan pekerjaan yang gampang, seperti tour leader dalam perjalanan umroh. Tanggung jawabnya bukan cuma sebatas satu atau dua orang saja, tapi sampai puluhan jemaah. Termasuk bertanggung jawab selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah umroh. Nah, supaya ngga menyusahkan dan menambah beban tugas tour leader, ada baiknya jemaah umroh perlu mengetahui apa saja yang jadi tugas mereka selama mengurus perjalanan umroh. Pada hari keberangkatan, tour leader wajib memastikan semua jemaah berkumpul di bandara sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan.

Sebagai jemaah, kita bisa membantu dengan cara datang tepat waktu sehingga tour leader ngga kebingungan mencari jemaah yang datang terlambat. Pastikan juga agar semua perlengkapan keberangkatan sudah dipersiapkan dengan baik, seperti paspor dan tiket pesawat, serta barang bawaan. Jangan sampai ada yang tertinggal karena pastinya bakal menghambat proses pemberangkatan ke tanah suci. Selalu mengikuti arahan dari tour leader juga bisa membantu tugas tour leader lho.

Sesampainya di bandara King Abdul Aziz Jeddah, akan ada pemeriksaan barang bawaan milik para jemaah umroh. Pihak bandara bakal memeriksa isi koper dan tas, bahkan sampai membuka dan membongkarnya. Tugas tour leader adalah memastikan barang bawaan jemaah sudah diperiksa dan dikembalikan ke pemiliknya serta jangan sampai ada koper atau tas yang tertinggal. Nah, di sini pentingnya memberikan tanda khusus pada koper dan tas yang dibawa agar jemaah mudah mengenali barang bawaannya masing-masing. Karena banyak jemaah umroh dan penumpang pesawat lainnya yang datang ke bandara Jeddah, bukan ngga mungkin koper dan tas tersebut bakal hilang atau tertukar dengan milik orang lain.

Selama berada di tanah suci, tour leader bertugas untuk mengatur jadwal pelaksanaan ibadah umroh, akomodasi, dan kebutuhan lainnya untuk jemaah. Misalnya seperti kapan jemaah harus melaksanakan Ihram, Thawaf, dan Sa’I sampai dengan mengingatkan jemaah untuk Iktikaf di Masjid atau sekedar berdzikir ketika waktu luang. Perjalanan pulang pergi dari penginapan ke tempat ibadah dan sebaliknya juga jadi tugas tour leader, termasuk mengurus kebutuhan konsumsi jemaah umroh selama di tanah suci. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengikuti jadwal yang sudah diberikan oleh tour leader agar perjalanan ibadah umroh berjalan lancar. Kalau ngga bisa membantu, setidaknya berusaha untuk ngga menyusahkan tour leader.

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *