Salsabila A a wanderer and a writer

VISA PROGRESIF DICABUT, GILIRAN HARGA VISA UMROH YANG NAIK

1 min read

VISA PROGRESIF DICABUT, GILIRAN HARGA VISA UMROH YANG NAIK

Kabar gembira buat para calon jamaah umroh nih, bahwa per bulan September ini biaya visa progresif sudah dicabut alias ditiadakan. Apa sih biaya visa progresif itu? Nah, jadi pada peraturan Kementerian Haji di Arab Saudi sebelumnya diberlakukan yang namanya visa progresif. Visa progresif ini berlaku untuk siapa pun yang ingin pergi umroh lebih dari satu kali dalam kurun waktu 3 tahun.

 

Kenapa sih kok mau sering-sering umroh malah dikenakan biaya tambahan lagi? Alasan diberlakukannya biaya visa progresif untuk jamaah yang umroh lebih dari sekali dalam kurun waktu 3 tahun ini mungkin pertimbangannya supaya nggak terjadi penumpukkan jamaah di Tanah Suci. Nominal visa progresifnya pun nggak nanggung-nanggung lho, yaitu sebesar SAR 2000 atau sekitar Rp 7,6 juta. Tapi ternyata kebijakan yang diberlakukan dari tahun 2016 ini akhirnya dicabut dan tentu jadi kabar baik dong buat calon jamaah umroh yang berencana berkunjung dan beribadah sering-sering ke Tanah Suci.

 

Meskipun udah nggak ada biaya visa progresif, tapi ada kebijakan baru lainnya yang diberlakukan saat ini. Kebijakan baru ini adalah adanya kenaikan biaya visa umroh. Kenaikan ini digunakan untuk tambahan government fee atau biaya administrasi pemerintahan sebesar SAR 300 atau sekitar Rp 1,2 juta. Wah, lumayan juga ya? Karena kebijakan baru ini, jangan kaget ya kalau travel-travel umroh mendadak naik harganya. Ini bukan akal-akalan oknum travel kok, tapi adanya perubahan kebijakan dari Kementerian Haji di Arab Saudi. Tapi jangan lupa harus selalu berhati-hati dalam memilih travel umroh ya. 

1
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *