sabila ainur a wanderer and a writer

UNIKNYA PAKAIAN TRADISIONAL ARAB SAUDI

1 min read

UNIKNYA PAKAIAN TRADISIONAL ARAB SAUDI

Pernah melihat para tokoh agama di Indonesia yang memakai baju terusan warna putih? Yap, pakaian tersebut jadi standar buat para laki-laki di Arab Saudi. Namanya adalah Thawb, berupa baju terusan lengan panjang. Biasanya, para laki-laki juga mengenakan celana panjang berwarna putih sebagai bawahannya. Lalu, apa sih yang membuat pakaian ini menjadi unik? Kamu pasti pernah mendengar kalau di Arab Saudi memiliki cuaca yang sangat panas. Nah, warna baju juga menyesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat itu.

 

Waktu musim panas tiba, laki-laki menggunakan Thawb berwarna putih. Sedangkan ketika memasuki musim dingin, mereka menggunakan Thawb yang berwarna gelap seperti hitam, cokelat tua, dan lainnya. Alasannya tentu saja karena warna gelap lebih banyak menyerap panas. Bahan yang digunakan pada pakaian tradisional Arab Saudi ini juga dibedakan bergantung pada musim saat itu.

 

Ketika musim dingin, bahan yang digunakan pastinya lebih tebal, yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Sedangkan pada musim panas Thawb yang dipakai menggunakan bahan lebih tipis dan menyerap keringat. Untuk melengkapi Thawb, biasanya pria Arab menggunakan penutup kepala atau kopiah berwarna putih atau lainnya bernama Ghutra, Shumagh, serta Igal.

 

Sedangkan untuk perempuan, pakaian yang umum digunakan adalah Abaya, dipakai kalau wanita berpergian ke luar rumah. Fungsinya buat melapisi pakaian biasa yang sudah mereka pakai di dalam Abaya. Bentuk Abaya berupa baju terusan sampai ke mata kaki dan berlengan panjang. Di berbagai kota di Arab Saudi, banyak perempuan yang memakai Abaya tradisional berwarna hitam. Uniknya, orang tua mengajarkan anak perempuannya secara turun temurun buat memakai pakaian tradisional Arab Saudi bagi perempuan ini. Adanya perkembangan mode dan tren membuat Abaya saat ini terdiri dari warna, bahan, sampai motif yang beraneka ragam. Ngga lupa mengenakan jilbab atau kerudung berfungsi sebagai penutup kepala.

 

Ada lagi pakaian tradisional Arab Saudi sebelah barat atau kawasan Hijaz. Pakaian ini serupa dengan Thawb namun memiliki lebih banyak hiasan. Biasanya pakaian ini dipadupadankan dengan bawahan berupa Sirwal atau celana panjang. Sebagai tambahan, masyarakat Hijaz biasa memakai aksesoris berupa penutup kepala tradisional yang dikenal dengan nama Mihramah dan Mudawwarah. Wih, keren dan unik juga ya?

 

 

image: Thinkstock

2
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *