Desi Wulandari Buruh teks serabutan

TIPS UMROH BERSAMA BALITA, TERNYATA MENYENANGKAN

1 min read

TIPS UMROH BERSAMA BALITA, TERNYATA MENYENANGKAN

Berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah jadi impian sebagian besar umat muslim. Apalagi kesempatan tersebut bisa dirasakan juga oleh seluruh anggota keluarga tercinta, termasuk mengajak buah hati yang masih balita. Meskipun para ulama ngga menyerukan adanya kewajiban untuk melaksanakan umrah bagi anak-anak, ngga ada salahnya juga mengajak mereka untuk beribadah umrah kan. Orang tua yang ingin melaksanakan umrah bersama balita justru dianjurkan karena bisa jadi langkah awal memberikan pengalaman religi dan ibadah kepada anaknya sejak dini. Nah, perjalanan ke tanah suci bersama balita tentunya perlu perhatian khusus agar ibadah umrah tetap khusyuk dan juga menyenangkan bagi si kecil.

 

Berikan Vaksin dan Jaga Daya Tahan Tubuhnya

 

Sebelum berangkat, pastikan anak-anak melakukan vaksinasi meningitis. Walaupun vaksin meningitis ngga diwajibkan buat anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun, ngga ada salahnya tetap melakukan vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan. Daya tahan tubuh anak-anak pastinya berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu persiapkan dengan baik obat-obatan sampai vitamin dan suplemen tubuh yang diperlukan ketika ingin melaksanakan umrah bersama balita. Terlebih bagi anak-anak yang memiliki penyakit khusus, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa menyiapkan obat-obatan khusus untuk mengantisipasi penyakit tersebut kambuh di tanah suci. Menjaga kondisi kesehatan buah hati juga penting dilakukan jauh hari sebelum waktu keberangkatan umrah.

 

Sediakan Mainan Favorit Si Kecil Biar Ngga Mudah Bosan

 

Mainan favorit atau buku bacaan kesukaan anak bakal jadi barang penting yang juga harus dibawa ketika umrah bersama balita. Karena anak kecil biasanya gampang bosan, mainan favorit tersebut bisa menjaga mood mereka supaya ngga rewel. Namun jangan terlalu banyak juga ya. Jangan sampai orang tua malah jadi kerepotan sendiri karena membawa terlalu banyak mainan si kecil. Tanyakan kepada pihak travel bagaimana cuaca tanah suci ketika berangkat umrah nanti agar bisa menyiapkan baju hangat ketika musim dingin atau pelembab kulit kalau sedang musim panas. Waktu terbaik melaksanakan umrah biasanya sekitar bulan Februari, karena cuaca belum terlalu panas dan ngga terlalu dingin.

 

Sewa Kursi Roda

 

Tantangan baru muncul ketika pelaksanaan ibadah Thawaf dan Sa’i. Proses ibadah yang memakan waktu cukup lama dan menguras tenaga ini pastinya akan cukup sulit bagi anak-anak. Kalau mereka sudah merasa kelelahan dan mulai rewel, mau ngga mau orang tua harus menggendong mereka sampai proses Thawaf ataupun Sa’i selesai. Melaksanakan ibadah sambil menggendong buah hati pasti membuat orang tua lebih cepat kelelahan. Nah, solusinya agar umrah bersama balita ini berjalan lancar, jemaah bisa menyewa kursi roda sehingga hanya perlu mendorongnya. Kursi roda memang banyak disediakan di sekitar Masjidil Haram karena stroller atau kereta bayi hanya boleh dibawa sampai pintu masuk masjid.

4
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *