TIPS SEBELUM PERGI UMROH

1 min read

TIPS SEBELUM PERGI UMROH

Pergi Umroh bisa dilakukan kapan saja, tetapi pemilihan waktu itu sendiri sebenarnya cukup penting,ini ada hubungannya dengan kondisi Arab saudi yang memimiliki iklim gurun. Pada bulan tertentu (Juni-Agustus) suhu udara bisa mencapai 45?. Sebaliknya, pada musim dingin (november-februari) suhu pada siang hari 30?-42?. Sementara malam dapat mencapai 8?.Cuaca yang sejuk dan bersahabat itu berkisar pada bulan Maret-Mei.

 

Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baiknya memilih waktu yang sesuai kondisi anda. Jika anda termasuk orang yang mudah lelah dan memilih beribadah dengan nyaman maka pilihlah waktu ketika cuaca bersahabat.

1)      Bulan menentukan biaya.
Pemilihan waktu menetukan besar biaya yang akan kita keluarkan. Jika kita memilih pergi Umroh dimusim liburan, menjelang musim Haji atau menjelang Ramadhan maka biaya yang akan dikeluarkan pasti akan lebih besar.Mengapa? karena umumnya kenaikan paket Umroh terjadi di 3 musim ini.

2)      Persiapan sebelum berangkat Umroh

a)      Pilihlah agen travel yang sudah memiliki kredibilitas dan pengalaman yang baik dalam menyelenggarakan Haji atau Umroh.

b)      Segera urus perlengkapan dokumen untuk perlengkapan administrasi seperti pasport, foto close up( muka 80%), dan kartu vaksin meningitis

c)      Mulailah membaca beberapa buku panduan Umroh ( rukun-rukun dan larangannya ) , doa-doa ketika rukun Umroh, dan beberapa sholat sunnah seperti sholat jenazah,karena di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram hampir setiap selesai sholat wajib akan ada sholat jenazah.

d)      Datanglah ketika ada jadwal manasik (pembekalan).

e)      Jaga kesehatan badan dan rohani kita.

3)      Persiapan perbekalan dan perlengkapan selama Umroh

a)      sebaiknya persiapkan isi koper seminggu sebelum berangkat. Seperti baju ihram ( gamis), sandal atau sepatu, kaos tangan, kerudung/bergo, pelembab/sabun non parfum,kacamata hitam dll. Lebih baik cari di toko one stop shopping perlengkapan Haji, karena lebih lengkap dan hemat tentunya.

b)      Bawalah baju sedikit dan se simpel mungkin.Buat wanita lebih baik membawa baju gamis/terusan panjang daripada potongan atasan-bawahan karena waktu disana bisa dipakai untuk sholat tanpa perlu memakai mukena.

 

Tips pergi ke Masjidil Haram:

1)      Gunakan tas transparan agar pemeriksaan di Masjid berjalan lancar dan mudah.Pilih tas dengan tali agak panjang agar bisa dilingkarkan di pundak saat melakukan thawaf dan sa’i.

2)      Lengkapi tas anda dengan barang-barang: sajadah kecil yang mudah dilipat, buku buku doa, kantong plastik untuk sandal, botol plastik untuk diisi air zam zam sebelum kembali ke penginapan, kacamata hitam, dan uang secukupnya untuk sedekah.

 

Tips aman saat Thawaf:

Jangan sampai terpisah dari rombongan atau pasangan anda.Jika anda perempuan, sebaiknya anda tidak Thwaf sendirian. Ikuti arus putaran Thawaf, jangan menyeberanang karena ingin mendekati Kabbah, simpang uang pada kantong yang menempel di badan kita, usahakan tidak membawa uang dalam jumlah banyak.

 

Tips mencium hajjar ashwat:

1)      Niatlah dengan ikhlas untuk mencium hajjar ashwat karena mengikuti sunnah Rasulullah SAW,   berpakaianlah yang sopan, tidak membawa hp dan kamera serta barang berharga lainnya.

2)      Berangkatlah dari hotel dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT pasti akan membantu kita.

3)      Berdoa saat memasuki masjidil harram dengan penuh kerendahan hati

4)      Berdoalah ketika melihat Kabbah dengan penuh harap.

5)      Tidak disunnahkan mencium hajjar ashwat bagi ibu-ibu kecuali jika sepi dari orang-orang yang thawaf.Hal tersebut karena membahayakan keselamatan mereka.

6)      Setelah mencium hajjar ashwat bersyukurlah sebanyak-banyaknya. 

 

Tips berbusana:
yang perlu diperhatikan untuk jamaah wanita adalah

1)      Menggunakan baju ihram yang menutup aurat tidak ketat dan tidak tembus pandang

2)      Menggunakan manset tangan untuk membantu tertutupnya aurat

3)      Gunakan panty liner atau lampin wanita untuk memudahkan anda jika terkena najis, yaitu dengan membuangnya atau sekali pakai

4)      Jangan berdandan terlalu menor sebab hal itu dapat mengundang kejahatan.

 

Tips lainnya:

1)      Selalu sediakan obat-obatan pribadi

2)      Ketahui siklus haid anda untuk mengetahui kapan anda datang bulan saat di tanah suci kelak. Sampaikan siklus haid anda kepada dokter, jadwal berangkat ke tanah suci, dan keinginan anda agar masa haid tidak bersamaan dengaan saat berada di Mekkah. Obat penunda haid dapat di dapatkan dengan catatan dapat persetujuan dari tenaga medis.

3)      Jika ingin berkomunikasi menggunakan handphone, gunakan kartu telepon/simcard dari salah satu operator telefon di Saudi seperti Al-Jawwal, Zein dan mobily.

4)      Jika anda adalah jamaah wanita dan ingin menggunakan taksi pastikan anda pergi bersama mahram. Sebab, ditengah jalan terkadang juga memuat penumpang laki-laki dan duduk bersama anda.

5)      Tukarlah mata uang rupiah dengan riyal Saudi di Indonesia.Tetapi jika uang anda dollar Amerika sebaiknya ditukarkan di tanah suci. Perbedaan nilai tukar uang bisa membantu anda menghemat.

 

Demikianlah beberapa tips yang perlu kita perhatikan sebelum dan selama kita menjalankan ibadah Umroh

7
amandameta