Salsabila A a wanderer and a writer

TIPS MENGHINDARI KULIT KERING SAAT UMROH DI MUSIM DINGIN

1 min read

TIPS MENGHINDARI KULIT KERING SAAT UMROH DI MUSIM DINGIN

Ketika pergi ke tanah suci buat yang pertama kalinya, kamu pasti kaget dengan kondisi cuaca dan iklim di sana. Berbeda dengan di Indonesia yang punya iklim tropis dengan udara lembab dan suhu udara stabil, di Arab Saudi punya kelembapan udara yang rendah. Saat siang hari, suhu di sana panas banget dan terik matahari langsung menyengat kulit yang bisa bikin kulit kering saat umrah.

 

Sedangkan ketika malam hari, suhu udara bakal berubah drastis menjadi sangat rendah. Selain kulit kering yang disertai rasa gatal dan perih, kondisi cuaca seperti itu juga bakal menimbulkan gangguan kulit lainnya dan tentunya dehidrasi atau kekurangan cairan. Apalagi ketika masuk di musim dingin, di mana cuaca dinginnya Arab Saudi ternyata ngalahin dinginnya puncak Bogor berkali-kali lipat. Kebayang ngga tuh dinginnya kaya apa? Saking dinginnya bisa sampai bikin kulit kering lho, bahkan pecah-pecah sampai berdarah. 

 

Misalnya saja kulit wajah yang banyak terpapar sinar matahari langsung, akan jadi lebih kering dan merangsang pembentukan pigmen kecokelatan dan memicu hipersensitivitas terhadap panas sehingga kulit wajah akan tampak kemerahan. Permukaan bibir juga akan terasa lebih kering, mengeras, kasar, dan pecah-pecah. Kalau sudah parah, bisa sampai mengeluarkan darah saking keringnya.

 

Bagian kaki juga kena imbas dari cuaca di Arab ini, terutama di tumit karena terlalu sering berjalan kaki yang bikin kulit kering saat umrah, kasar, dan pecah-pecah. Kalau sudah bertambah parah, ibadah kita pastinya akan jadi terganggu. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan jemaah untuk mengatasi ini.

 

Gunakan cream atau lotion yang berfungsi buat melembapkan kulit. Sebelum pergi ke luar penginapan dan melaksanakan rangkaian ibadah umrah, pakai dulu lotion dan sunblock untuk melindungi kulit dan wajahmu. Jangan lupa juga untuk membawa lotion dengan kemasan kecil agar bisa dibawa ke mana-mana. Misalnya, dipakai setelah berwudu. Jadi, kamu bisa terhindar dari paparan sinar matahari seharian dan wajah serta tumit aman dari kulit kering saat umrah.

 

Kalau kamu punya jenis kulit sensitif, alangkah baiknya buat konsultasikan ke dokter spesialis terlebih dahulu supaya kamu bisa mendapatkan pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu. Karena ada beberapa jenis kulit yang ngga cocok dengan bahan kimia yang ada di produk lotion untuk pelembab kulit.

 

Ngga mau rempong? Satu hal yang paling penting dan gampang banget dilakukan yaitu rajin mengonsumsi air putih. Selain mencegah kekurangan cairan tubuh karena udara panas, air putih juga ampuh menjaga kelembapan kulitmu. Imbangi juga dengan konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin untuk kulit.

 

 

Oleh: Desi Wulandari

1
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *