Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

TIPS MENGHINDARI DEHIDRASI SAAT UMROH

1 min read

TIPS MENGHINDARI DEHIDRASI SAAT UMROH

Menjalankan ibadah umroh dengan khusyuk pasti ingin dilakukan setiap jamaah umroh. Tapi, menjaga kekhusyukan bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai tantangan yang harus ditaklukkan oleh kamu para jamaah umroh, salah satunya berkaitan dengan kesehatan yaitu dehidrasi saat umroh. Yap, siapa sih yang akan nyaman kalau kondisi kesehatannya nggak baik, ya kan? Kondisi kesehatan akan sangat berpengaruh dengan kenyamanan kita. Kalau sudah nggak nyaman, melakukan apapun jadi nggak akan maksimal. Apalagi untuk bisa khusyuk beribadah.

 

Jadi, penting nih untuk terus menjaga kesehatan di tengah ibadah umroh. Nah, masalah yang sering dihadapi oleh jamaah umroh, terutama dari negara tropis seperti Indonesia adalah soal perbedaan cuacanya. Cuaca di Arab memang sangat ekstrim, apalagi di puncak musim panasnya. Dehidrasi jadi masalah yang seringkali mengganggu jamaah umroh maupun haji. Oleh karena itu, kalau mau kesehatan tetap terjaga, kamu harus tahu nih tips menghindari dehidrasi saat umroh. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu ikuti:

 

  1. Rutin dan perbanyak minum air putih

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibanding dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Maka, untuk mencegah dan mengatasinya, kita perlu untuk memperbanyak asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, usahakan untuk rutin dan perbanyak minum air putih dibanding hari-hari biasanya.

 

  1. Bawa botol air mineral

Supaya bisa rutin dan lebih banyak minum air putih, kamu harus selalu siap sedia air mineral sebagai bekal perjalananmu di Tanah Suci. Kamu bisa membawa botol berisi air mineral dari penginapan. Lalu kalau air mineral dalam botolmu habis, janganlah buang botol itu karena kamu bisa mengisi ulang di tempat tertentu. Misalnya, mengisi ulang botol air mineralmu di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi. Di kedua masjid tersebut kamu nggak cuma bisa isi air minum biasa loh! Air minum yang tersedia di sana adalah air zam-zam!

 

  1. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi

Bukan cuma minum saja yang harus dijaga ya, makanan yang kamu konsumsi juga harus dijaga. Pastikan kalau kamu makan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan nutrisi. Buah dan sayur jangan sampai terlewatkan dari menu makananmu ya! Selain menjaga kualitas asupan makanan, tentu kamu juga harus menjaga pola makan. Jangan sampai melewatkan jam makanmu. Selalu sempatkan untuk makan ya.

 

  1. Cukup istirahat

Pastinya kamu juga harus cukup istirahat supaya kondisi tubuhmu tetap terjaga. Tubuhmu kan juga butuh istirahat. Jadi, manfaatkanlah waktu kosong untuk beristirahat. Kalau mau menikmati suasana Arab boleh saja, tapi tetap perhatikan waktu ya, jangan keasyikan jalan-jalan atau sekedar mengobrol di penginapan.

 

  1. Menggunakan masker dan payung saat keluar penginapan

Jangan sampai lupa membawa masker dan payung ke Tanah Suci. Masker bisa kamu beli di toko peralatan haji dan umroh atau bisa juga di apotek. Biasanya satu paket terdiri dari 12 masker yang bisa kamu gunakan selama di Tanah Suci. Masker yang kamu pakai nanti bisa sedikit dibasahi supaya udara lebih sejuk. Masker harus dipakai selama berkegiatan di sana ya, sementara payung bisa kamu gunakan di waktu tertentu. Terutama saat keluar penginapan, misal saat akan berbelanja. Saat beribadah nggak usah pakai, toh hanya akan membuat kamu ribet saja.

 

  1. Selalu sedia cairan oralit

Walaupun sudah berusaha menjaga tubuh supaya nggak dehidrasi, kadang hal itu tetap terjadi. Tapi, kalau kamu selalu sedia oralit maka akan jauh lebih aman. Oralit ini bisa untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan dan dehidrasi.

 

Itulah tips mengatasi dehidrasi saat umroh. Selain itu, kalau kamu merasa kondisi kesehatan nggak baik, jangan ditahan-tahan ya. Langsung saja bilang ke pendamping haji supaya bisa langsung dibantu untuk menanganinya.

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *