Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

TIPS MENATA BARANG BAWAAN UNTUK BERANGKAT HAJI

1 min read

TIPS MENATA BARANG BAWAAN UNTUK BERANGKAT HAJI

Kalau kamu sering bepergian, pasti tahu dong apa yang paling membuat repot dan ribut di rumah sebelum keberangkatan? Ya, menata barang bawaan. Urusan yang satu ini memang kelihatan gampang tapi nggak boleh digampangkan. Kita harus pintar-pintar mengatur tata letak barang bawaan agar memudahkan dalam pengambilannya.

Nah, penataan yang tepat ini nanti juga akan sangat bermanfaat untuk kita waktu pulang dari tanah suci. Ya, kemana pun kita bepergian, oleh-oleh memang nggak boleh ketinggaklan. Apalagi kalau ke tanah suci. Pasti sanak saudara sudah menanti-nanti oleh-oleh dari sana. Selain sebagai cindera mata, oleh-oleh dari tanah suci biasanya juga dipercaya membawa berkah. Kalau sudah begitu, isi tas kita akan lebih banyak saat kepulangan dibanding saat keberangkatan. Jadi, jangan sampai salah dalam menata barang ya.

Info nih untuk kalian yang belum tahu. Nanti, setelah kamu melunasi pembayaran haji, kamu akan dapat 3 tas yang terdiri dari tas troli, tas jinjing, dan tas kecil. Hanya tiga tas itu yang boleh kamu bawa. Maka,  kamu harus tahu seperti apa cara menata barang bawaan ke dalam masing-masing tas tersebut agar memudahkan perjalanan haji nanti. Berikut ini caranya:
 

  1. Pertama yang harus kita isi tentu saja adalah tas troli. Nah, di bagian paling bawah, kamu bisa letakkan tas jinjing. Lalu menyusul di atasnya kamu taruh berbagai keperluan selama haji seperti baju-baju secukupnya. Termasuk perlengkapan mandi dan lainnya. Pastikan perlengkapan haji atau umroh sudah lengkap untuk dimasukkan ke dalam tas troli. Jangan sampai ada yang ketinggaklan.
  2. Tas jinjing yang sudah masuk ke dalam tas troli pastinya nggak perlu kamu isi di tanah air. Tapi, tas yang satu ini harus kamu manfaatkan di tanah suci. Tas jinjing ini nantinya kamu isi dengan pakaian ihram saat sampai di tanah suci. Kalau pakaian ihram sudah dipakai, gunakan tas jinjing untuk meletakkan pakaian-pakaian kotormu.
  3. Sementara untuk tas kecil isilah dengan beberapa perlenglapan penting seperti paspor, obat-obatan, bolpoin dan buku kecil, dan apa saja yang kamu perlukan untuk dibawa kemana-mana saat di tanah suci.
     

Kamu bisa menata barang bawaan sedemikian rupa agar bisa memudahkan kamu saat mengambilnya. Tapi ingat bagaimana kegunaan ketiga tas yang kamu miliki nanti ya. Selain itu, yang perlu diketahui adalah ada batas maksimal berat barang bawaan yang nanti masuk ke bagasi yaitu maksimal 20kg/orang. Lalu bagaimana kalau sampai kelebihan?

Nah, kamu masih bisa membawa barang bawaan dengan jumlah berat lebih, tapi perkilonya akan dikenai tarif yaitu Rp15.000/kg. Terakhir, ada tips buat kamu agar tas barang bawaan lebih aman, yaitu dengan memberikan gembok ke tas troli milikmu nanti.

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *