Desi Wulandari Buruh teks serabutan

TIPS MEMILIH AGEN TRAVEL UMROH TERPERCAYA

1 min read

TIPS MEMILIH AGEN TRAVEL UMROH TERPERCAYA

Minat masyarakat yang tinggi untuk pergi ke tanah suci dibarengi tingginya persaingan travel umroh. Agen travel saling berlomba memberikan harga paling murah buat menarik calon jemaah. Padahal belum tentu pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Nah, kamu tentunya harus pintar memilih agen travel umroh terpercaya supaya ngga berujung penipuan.

 

Tips pertama yang bisa dilakukan buat mengecek apakah agen travel tersebut terpercaya atau ngga yaitu mengecek perizinannya. Kamu bisa menanyakan langsung perizinan agen travel atau melihat daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di website Kementerian Agama atau situs resmi anggota AMPHURI. Bisa pula memakai aplikasi Umroh Cerdas milik Kementerian Agama. Oleh karena itu, Kementerian Agama seringkali mengampanyekan slogan “5 Pasti Umroh”: pastikan travel berizin, pastikan penerbangan dan jadwal keberangkatan, pastikan program layanannya, pastikan hotelnya, dan pastikan visanya. Kamu bisa meyakini kalau agen travel umroh terpercaya tersebut sudah memiliki izin resmi dan legal dari pemerintah serta sudah dipastikan program umrohnya sesuai.

 

Jangan tergoda dengan promo harga miring karena bisa jadi biaya murah tersebut termasuk kedok penipuan. Sebagai agen perhimpunan pengusaha umroh, AMPHURI bersama dengan Kementerian Agama berkomitmen untuk menetapkan standar biaya umroh. Standar minimum untuk perjalanan umroh dikenakan biaya sebesar 1.700 USD. Kalau dikonversikan jadi Rupiah, jika 1 Dolar sama dengan Rp 13.400, maka biaya umroh paling minimal yaitu sekitar Rp 23 Juta per orang. Menurut AMPHURI, biaya tiket pesawat untuk perjalanan berangkat dan pulang umroh saja sudah menghabiskan biaya mencapai 1.000 USD.

 

Jumlah tersebut belum termasuk hotel dan kebutuhan lainnya. Namun nyatanya, banyak promosi biaya umroh yang ditawarkan oleh pihak travel jauh dari ketetapan batas minimum. Ada travel yang menawarkan paket seharga Rp 19,5 Juta, bahkan cuma Rp 14 Juta per orang. Agen travel umroh terpercaya biasanya ngga akan memberikan biaya umroh jauh dari harga yang sudah ditetapkan. Kalaupun mematok harga yang lebih murah, pastinya ngga jauh dari harga normal.

 

Tips lainnya yang bisa dilakukan yaitu bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman. Cari tahu referensi sebanyak-banyaknya dari mereka yang pernah menunaikan ibadah umroh, lalu bandingkan mana agen travel umroh terpercaya yang bisa digunakan. Melakukan survei secara langsung kepada yang berpengalaman akan membuat kita gampang menentukan kelebihan dan kekurangan agen travel.

6
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *