Desi Wulandari Buruh teks serabutan

TIPS MEMBAWA PAKAIAN KETIKA BERANGKAT UMROH

1 min read

TIPS MEMBAWA PAKAIAN KETIKA BERANGKAT UMROH

Berdasarkan pengalaman, satu hal yang cukup makan waktu ketika ingin melakukan perjalanan jauh adalah packing. Mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa, termasuk pakaian. Ingin bawa baju itu karena takut kedinginan, tapi juga butuh baju ini karena takut kepanasan. Duh, kalau sudah begini rasanya ingin bawa semua pakaian yang ada di lemari. Hal ini juga dirasakan ketika mempersiapkan keberangkatan ke tanah suci. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau mau membawa pakaian ketika berangkat umroh, supaya bawaan ngga terlalu banyak atau sedikit. Hal pertama yang penting untuk diingat sebelum packing pakaian adalah pergi ke tanah suci dengan tujuan ibadah.

 

Kalau ingat dengan tujuan utama itu, kita jadi fokus untuk membawa pakaian ketika berangkat umroh yang sesuai dan ngga perlu bingung dengan pakaian yang modis atau untuk bergaya. Cari tahu terlebih dulu, di Arab Saudi sedang masuk musim dingin atau panas ketika kita berangkat ke sana. Ketika musim dingin, meski di siang hari cuaca di tanah suci tetap terasa panas dan matahari tetap terik, tapi keadaan akan berbalik ketika malam tiba. Suhu udara akan turun drastis dan kamu bakal butuh banget pakaian hangat. Sebaliknya, ketika musim panas tiba, bawalah pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat dan adem ketika dipakai.

 

Meski ngga diwajibkan, ada baiknya kamu tetap membawa kain ihram berwarna putih yang nantinya akan digunakan ketika menunaikan rukun umroh. Buat pakaian di hari lainnya, bebas menggunakan warna apapun. Tentunya harus menutup aurat, ya. Jumlah pakaian ketika berangkat umroh yang dibawa tergantung berapa lama kita melaksanakan ibadah di sana. Sesuaikan dengan lama program yang diambil, 1 minggu atau sampai 2 minggu. Nah, pertimbangkan juga apakah kamu punya kesempatan mencuci pakaian ketika berada di sana.  Kalau dirasa ngga sempat karena acara sangat padat, termasuk ziarah seputar Mekah dan Madinah, ada baiknya kamu membawa pakaian yang agak banyak untuk ganti setiap harinya.

 

Kalau ingin membawa pakaian ketika berangkat umrah lebih sedikit dan ingin memanfaatkan jasa laundry yang ada di sana juga boleh saja. Tipsnya, gunakan jasa laundry yang dikerjakan oleh warga asal Indonesia karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan laundry di hotel. Namun, tetap diperhitungkan supaya kamu ngga kekurangan pakaian nantinya.

4
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *