Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

TIPS BELANJA DI MEKAH SUPAYA KOPER NGGAK TUMPAH-TUMPAH

1 min read

TIPS BELANJA DI MEKAH SUPAYA KOPER NGGAK TUMPAH-TUMPAH

Kalau sudah belanja, memang seringkali kita jadi lupa. Lupa kalau kapasitas koper kita terbatas. Apalagi kalau belanjanya di luar negeri yang artinya kita harus berurusan dengan aturan bagasi pesawat. Nah, buat kamu yang sebentar lagi pergi ke Mekah baik untuk haji maupun umroh, ada tips belanja di Mekah supaya koper nggak tumpah-tumpah nih. Jangan sampai kamu kalap belanja oleh-oleh dan akhirnya bingung karena koper beranak-pinak yah.

 

  1. Buat daftar perkiraan jumlah orang yang akan diberi oleh-oleh

Sebelum belanja oleh-oleh, perkirakan berapa orang yang akan kamu beri oleh-oleh. Misalnya tetangga, saudara, teman, dan sebagainya. Untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada kekurangan oleh-oleh, nanti kamu bisa beli di tanah air. Tenang saja karena sekarang banyak tempat di tanah air yang menjual oleh-oleh khas haji.

 

  1. Pilih oleh-oleh yang berukuran kecil-kecil saja

Banyak loh pilihan oleh-oleh di Mekah yang ukurannya kecil-kecil tapi bermanfaat besar. Misalnya tasbih, peci khas Arab, parfum, kosmetik seperti lisptik, dan sebagainya.

 

  1. Tentukan tempat membeli oleh-oleh, jangan semua tempat dikunjungi untuk membeli

Ada banyak tempat membeli oleh-oleh di Mekah. Tapi, kamu hanya perlu memilih satu atau dua tempat saja untuk belanja. Pilih yang sekiranya menjual beraneka ragam oleh-oleh. Kalau terlalu banyak kita mengunjungi tempat belanja, bisa-bisa kita ingin beli semuanya. Kalau kamu cuma ingin pengalaman mengunjungi berbagai tempat belanja, niatkan untuk jalan-jalan saja tanpa membeli barang-barang yang dijual di sana.

 

  1. Bawa uang sesuai budget

Jangan bawa terlalu banyak uang supaya kamu terjaga dari hasrat ingin beli oleh-oleh berlebihan. Apalagi kalau kamu perginya diniatkan untuk jalan-jalan saja.

 

Itulah beberapa tips belanja di Mekah supaya koper nggak tumpah-tumpah. Nah, kalau kamu masih bingung mau belanja di mana, maka kamu bisa memilih pusat perbelanjaan yang dinamakan “Al-Baik Mall”.  Lokasinya ada di depan Masjidil Haram. Jika kamu melihat Tower Royal Clock, maka pusat perbelanjaan tersebut tepat berada di bawahnya. Kalau tower ini terdengar asing, mungkin Tower Zam-zam lebih familiar karena jamaah Indonesia lebih mengenalnya dengan nama tersebut.

 

Selain itu, ada juga Pasar Bab Mekah. Pasar tradisional ini juga jadi salah satu tempat belanja oleh-oleh favoritnya jamaah Indonesia. Selain pilihan oleh-olehnya lengkap, harga barang di sana juga terbilang lebih murah dibandingkan tempat belanja lainnya. Pokoknya, di manapun belanjanya, jangan lupa terapkan tips belanja di Mekah di atas supaya koper kamu nggak tumpah-tumpah ya.

 


editor: Salsabila Ainurrohman

4
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *