sabila ainur a wanderer and a writer

TIPS BELANJA BUAH SEGAR DI TANAH SUCI

1 min read

TIPS BELANJA BUAH SEGAR DI TANAH SUCI

Saat cuaca sedang panas-panasnya pasti inginnya kita mencari yang segar-segar seperti buah-buahan. Di tanah air, gampang saja untuk mendapatkan buah-buahan karena banyak penjualnya di dekat rumah. Tapi, gimana ya kalau di tanah suci? Apa bisa kita menyantap buah segar di Mekkah dan Madinah juga?

 

Khawatir ngga menemukan buah-buahan di Mekah tentu wajar. Memang kalau dipikir-pikir, kayaknya engga mungkin pohon buah-buahan akan tumbuh subur di Mekkah dan sekitarnya. Di sana hanya ada tanah gersang dan tandus. Cuacanya pun sangat panas dan jarang turun hujan. Bagaimana buah-buahan mau tumbuh subur di sana kan?

 

Tapi tunggu dulu, ngga usah khawatir berlebihan karena nyatanya tempat yang bahkan panasnya bisa mencapai setangah suhu air mendidih itu ngga pernah kekurangan buah dan sayuran loh! Itulah keberkahan Allah untuk tanah suci. Walaupun tidak ada pohon buah tumbuh di sana, namun persediaan buah segar di Mekkah dan Madinah tetap melimpah. Kamu akan dengan mudah menemukan toko yang menjual buah-buahan. Penjual buah di sana juga terus setiap waktu tanpa kenal musim. Coba deh kamu buktikan kalau kamu sedang mengunjungi tanah suci.

 

Kalau kamu mau mendapatkan buah segar di Mekkah dan Madinah, berkeliling saja di sana. Khususnya melewati lorong jalan menuju Masjidil Harom atau Masjidin Nabawi. Kamu akan menemukan toko-toko yang menjual buah dan sayur. Bukan hanya itu, di sana kamu juga akan menemukan buah dan sayur dengan harga yang relatif murah. Kalau kamu tidak bisa menemukan toko buah dan sayur yang dimaksud, coba tanya pada penduduk lokal atau orang-orang yang kamu temui.

 

Saat bertanya, kamu bisa menggunakan kata “Suuq Hadrowat” atau “Baqoliyaat”, pasti mereka juga akan mengerti maksud kamu. Jika Suuq Hadrowat artinya pasar, maka Baqoliyaat merupakan tulisan yang biasanya ada di depan toko buah di sana. Kamu bisa mulai menghafalkan dua kosakata kunci itu agar lebih mudah menemukan tempat jual buah segar di Mekkah dan Madinah.

 

Nah, saat nanti kamu bisa menyantap buah segar di Mekkah dan Madinah di tengah cuaca yang panas terik, jangan lupa untuk mengingat Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail. Kenapa? Hal itu dilakukan sebagai wujud ungkapan rasa syukur. Soalnya berkat doa beliau setelah selesai membangun Kabahlah Allah memberikan keberkahan kepada penduduk Mekkah dan Madinah. Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail berdoa kepada Allah agar anak cucunya kelak dilimpahkan rezeki dan keberkahan. Juga berdoa agar kota Mekkah diberikan kemulyaan dan perlindungan.

 

Sangat mulia kan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrohim? Bukan semata-mata mendoakan dirinya dan keluarga saja, namun juga mendoakan anak dan cucunya. Jadi, selain senantiasa mengingat beliau saat bisa menikmati buah segar di Mekkah dan Madinah. Kita juga harus mengambil pelajaran tentang pentingnya doa orangtua untuk anak dan keturunannya. Ingat ya... selalu bersyukur saat kamu bisa menikmati buah segar di sana karena hanya berkat rahmat Allah-lah kamu bisa merasakannya.

1
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer