Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

TERNYATA INI PENYEBAB BANYAK JAMAAH TERSESAT DI TANAH SUCI

1 min read

TERNYATA INI PENYEBAB BANYAK JAMAAH TERSESAT DI TANAH SUCI

 

<meta charset="utf-8" />

Bukan berita baru lagi tiap kita menemukan kasus seorang jamaah haji tersesat saat masih menjalankan rangkaian ibadahnya. Tapi, mungkin kita terus bertanya-tanya, kok bisa sih? Bukannya sudah jelas ada gelang haji sebagai petunjuk identitas dan pemandu haji di tiap kloter? Kok masih ada aja yang kesasar? Hmm, bisa jadi penyebabnya adalah salah satu dari beberapa hal berikut. Yuk, simak dan pahami satu per satu sebagai bentuk antisipiasi biar kita nggak tersesat selama berada di Tanah Suci.

 

1. Ada banyak pintu di Masjidil Haram.

 

Ini nih yang sering bikin pusing jamaah haji! Total ada 95 pintu di Masjidil Haram dengan huruf gundul sebagai tanda. Tiap pintu pastinya mengarah ke arah yang beda-beda satu sama lain. Bayangin aja kalau jamaah masuk dari pintu A tapi keluarnya dari pintu C. Pasti bingung kan tuh karena lokasi yang dilihat beda dari lokasi sebelumnya.

 

2. Faktor Usia 


Faktor usia juga bisa banget jadi penyebab kenapa jamaah haji sering banget kesasar di Tanah Suci. Jamaah yang udah berusia lanjut biasanya pasti mengalami penurunan kemampuan mengingat. Makanya, kalau kebetulan kita pergi haji ataupun umroh bareng lansia, dampingi mereka selalu. Supaya diri sendiri nggak kesasar pas di Mekkah atau Madinah, segera deh mendaftar haji selagi usia masih muda. Antrian haji sekarang panjang banget lho, kita baru bisa berangkat 22 tahun dari tanggal pendaftaran! Mendaftar sedini mungkin bakal meminimasir kemungkinan kita menjadi jamaah haji tersesat dan nggak tau arah jalan pulang.

 

3. Faktor Kebiasaan

 

Terakhir, bisa jadi nih jamaah haji kesasar gara-gara nggak biasa ada di keramaian. Ada jutaan orang yang menjalani rangkaian ibadah haji sekaligus tiap tahunnya. Pemandangan jutaan orang dari berbagai negara bisa bikin siapapun keder, terutama mereka yang emang jarang keluar rumah dan melihat orang sebanyak itu. Solusinya, kita memang harus memantapkan niat dan hati, plus senantiasa meminta perlindungan dari Allah supaya bisa mendapat perlindungan-Nya.

 

Memang sih, biasanya orang-orang yang kesasar di Tanah Suci bakal langsung dikait-kaitkan dengan perbuatan yang mereka lakukan semasa hidupnya. Tapi, bukan berarti semua jamaah haji tersesat itu punya dosa masa lalu dan dapet balasannya ketika menjalankan ibadah haji. Faktanya, faktor-faktor di atas kerap jadi alasan kenapa jamaah haji bisa tersesat dan terpisah dari rombongan. Jadi, jangan sedikit-sedikit mengaitkan dengan azab atau semacamnya, ya!
 

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *