Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

TERAPKAN ADAB BERUMROH AGAR IBADAH LEBIH SEMPURNA

1 min read

TERAPKAN ADAB BERUMROH AGAR IBADAH LEBIH SEMPURNA

Siapapun yang punya kemauan, waktu, kesehatan, dan tentunya juga dana pasti bisa menunaikan umroh. Karena berbeda dengan ibadah haji, umroh lebih fleksibel waktunya dan pendaftarannya juga nggak susah. Nggak perlu menunggu lama seperti kalau mendaftar haji. Tapi, tetap saja umroh bukanlah hal yang main-main. Bukan karena kapan saja bisa dilaksanakan, lalu menjadikannya hanya seperti liburan biasa. Ingat loh, meski dalam paket umroh biasanya juga sekalian liburan atau perjalanan wisata, tapi tujuan utamanya tetap ibadah. Kita harus tetap menjaga adab berumroh karena menjaga hal tersebut bisa menjadi penyempurna ibadah umroh yang kita laksanakan.

 

Untuk kamu yang sudah punya rencana untuk menunaikan ibadah umroh, berikut ini beberapa adab berumroh yang perlu kamu terapkan:

 

  1. Niat ikhlas karena Allah untuk beribadah

Jangan sampai kamu menunaikan ibadah umroh dengan niat berlibur saja ya... Fokuskan niat dan tujuan kamu untuk beribadah. Kalau sudah niat ikhlas karena Allah untukk beribadah, maka kamu akan selalu mengutamakan urusan ibadah saat di Tanah Suci dibanding dengan urusan lainnya.

  1. Selalu menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran

Baik sebelum, selama, maupun setelah menjalankan ibadah umroh berusahalan untuk selalu menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

  1. Taubat nasuha kepada Alllah SWT sebelum berangkat

Siapapun pasti punya dosa selama hidupnya. Agar langkah kita lebih ringan dan bisa menjadi jamaah umroh yang mabrur, maka bertaubat sebelum berangkat umroh adalah hal yang sangat perlu kita lakukan.

  1. Menjaga lidah dan perbuatan supaya tidak menyakiti orang lain

Dosa-dosa yang kita berbuat kepada Allah bisa kita bersihkan dengan bertaubat nasuha. Tapi, dosa-dosa kepada sesama manusia tetap harus diselesaikan dengan maaf dari manusia. Oleh karena itu sebelum pergi haji maupun umroh biasanya calon jamaah bersilaturahmi terlebih dahulu dengan kerabat dan sanak saudara. Jadi, baiknya kita selalu menjaga lidah dan perbuatan supaya nggak menyakiti orang lain. Meminta maaf kepada sesama manusia lebih susah kan? Jangan sampai perasaan sakit hati manusia lain menjadi pemberat untuk langkah kita berumroh ya...

  1. Wanita harus didampingi mahrom dan menutup aurat

Janganlah pergi umroh sendirian, terutama wanita. Hal itu harus dilakukan demi kebaikan diri kita ya... Bagi wanita juga harus menutup aurat saat menjalankan ibadah umroh.

  1. Menggunakan biaya dari rezeki yang halal

Adab yang satu ini harus dipastikan sebelum kamu mendaftar umroh. Jangan sampai memaksakan diri dengan menggunakan rezeki yang nggak halal untuk bisa umroh ya...

  1. Mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengan umroh

Pastinya nggak mungkin dong kita pergi umroh dengan tangan kosong, tanpa pengetahuan tentang umroh sedikitpun. Maka, sebelum berangkat umroh pastikan untuk mengetahui apa saja hukum-hukum umroh.

 

Jangan lupa terapkan adab berumroh di atas ya... Dengan begitu kita bisa melaksanakan ibadah umroh dengan maksimal dan menjadi jamaah umroh yang mabrur, aamiin...

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *