sabila ainur a wanderer and a writer

TAHAPAN PERJALANAN YANG DILAKUKAN KETIKA UMROH

1 min read

TAHAPAN PERJALANAN YANG DILAKUKAN KETIKA UMROH

Siapa dari kamu yang sudah merencanakan perjalanan umroh di tanah suci? Hampir sebagian orang yang telah mampu untuk melakukan haji namun masih menunggu antrian hingga 10 atau belasan tahun menggunakan momen umroh untuk mengatasi kerinduan ke tanah suci. Umroh dapat dilakukan tanpa menunggu waktu yang lama, dengan jangka waktu perjalanan yang lebih singkat dibandingkan dengan melakukan ibadah haji.

 

Tentunya ringkasnya umroh tidak membuat ibadah yang kamu lakukan menjadi seenaknya saja. Sama seperti haji, terdapat rukun-rukun yang sesuai dengan syariat Islam yang harus kamu lewati dengan baik untuk mendapatkan ibadah yang sesempurna mungkin. Selain rukun-rukun tersebut, mengetahui teknis pelaksanaan umroh akan menjadi hal penting agar perjalanan ibadah lancar dan nyaman.

 

Mengenali Rute

Hal yang pertama adalah kamu harus mengetahui rute yang harus dilewati. Biasanya jama’ah umroh diberangkatkan oleh biro langsung ke bandara Madinah atau Jeddah. Tentu saja jika kamu diturunkan atau landing di bandara Jeddah, kamu harus menggunakan bus untuk menuju bandara Madinah.

 

Sholat dan Ziarah

Apabila kamu sudah sampai di Madinah, dianjurkan terlebih dahulu untuk melakukan sholat serta melakukan ziarah. Sholat dapat dilaksanakan di Masjid Nabawi, sedangkan kegiatan ziarah biasanya dipusatkan pada makan Nabi Muhammad S.A.W dan tentunya beberapa situs sejarah Islam di dunia yang berada di Arab.

 

Melaksanakan Umroh

Normalnya, ibadah umroh akan dilakukan pada hari ketiga kamu sampai di Madinah. Kamu akan diantarkan menggunakan bus ke Makkah untuk melakukan umroh. Tentu saja kamu dapat melakukan persiapan secara langsung seperti memakai pakaian ihram, bahkan melakukan sholat dua rakaan terlebih dahulu.

 

Mematuhi Aturan dan Larangan Berihrom

erhatikan bahwa niat ibadah adalah hal yang paling utama. Selama memakai pakaian ihrom, ada baiknya kamu menghindari hal-hal yang dilarang seperti menggunakan wangi yang mengandung alkohol, melakukan hubungan dengan lawan jenis, dan beberapa hal penting lain yang dapat kamu tanyakan pada pembimbing umroh.

 

Perbanyak Talbiyah

Perbanyak membaca kalimat talbiyah selama melakukan perjalanan ke Makkah, dan sesampainya di Makkah, usahakan untuk segera melakukan ibadah umroh dan tentu saja mematuhi rukun-rukun yang telah diajarkan oleh pembimbing.

 

Kalau kamu mendapatkan pembimbing yang cukup sulit untuk menjelaskan, jangan khawatir karena biasanya biro perjalanan atau travel terbaik akan memberikan buku panduan jauh-jauh hari yang tentunya dapat kamu pelajari terlebih dahulu sebelum sampai di Makkah. Usahakan bahwa ibadah yang kamu lakukan di tanah suci berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. 

5
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer