Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

SUDAH MAMPU, MENGAPA BELUM HAJI?

1 min read

SUDAH MAMPU, MENGAPA BELUM HAJI?

Haji adalah rukun islam yang kelima, merupakan ibadah wajib bagi umat islam yang telah mampu. Mampu yang dimaksud yaitu baik mampu secara finansial, jasmani, maupun rohani. Tapi, kalau dilihat-lihat, banyak orang yang sudah memenuhi kriteria tersebut namun belum menunaikannya. Mungkin kamu juga melihat ada orang seperti itu di sekitar kamu. Lalu kamu bertanya-tanya, kenapa mereka belum menunaikan ibadah haji? Padahal kamu sudah sangat ingin pergi haji hanya saja terkendala biaya. Kamu pun berandai-andai jadi mereka. Mereka tentu memiliki alasan. Beberapa alasan berikut mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang mereka mengapa belum haji?

 

  1. Haji belum jadi prioritas

Kesadaran, bisa saja hal itu yang belum mereka dapatkan. Kesadaran bahwa haji adalah ibadah yang wajib bagi mereka karena mereka dalam keadaan mampu. Atau mereka paling ngga sudah tahu kalau haji itu wajib tapi merasa belum punya waktu karena bagi mereka haji itu belum jadi prioritas. Mereka lebih memprioritaskan hal-hal lain seperti pekerjaan. Padahal, sesibuk apapun kita, pasti kita masih bisa meluangkan waktu untuk menunaikan ibadah haji. Ya, hanya saja itu, belum jadi prioritas.

 

  1. Terlalu sayang pada uang

Siapapun pasti tahu kalau biaya haji itu ngga murah. Mereka yang terlalu sayang pada uang, mungkin akan sayang kalau harus menghabiskan uangnya untuk berangkat haji. Bisa saja yang ada di benak mereka, lebih baik menggunakannya untuk hal lain yang lebih produktif seperti investasi. Padahal, haji pun adalah investasi kan? Investasi untuk di akhiran nanti.

 

  1. Takut memenuhi budaya masyarakat sekitar

Alasan mengapa belum haji ini mungkin pernah juga kamu pikirkan. Di masyarakat kita, haji memang seringkali dianggap sebagai orang yang ilmu agamanya tinggi. Orang yang sangat tidak mungkin melanggar norma-norma. Padahal kita semua adalah manusia biasa yang mungkin saja melakukan kesalahan. Status haji ngga bisa jadi jaminan. Tapi, sekali lagi haji adalah sebuah kewajiban bagi umat islam yang sudah mampu. Ngga ada syarat haji “berilmu agama tinggi” dan sebagainya. Ya, bisa saja pandangan masyarakat masih jadi hal yang menakutkan bagi mereka yang belum berani menunaikan ibadah haji.

 

  1. Takut kena azab di tanah suci

Hal ini cukup banyak jadi alasan orang-orang yang belum berangkat haji. Pasti kamu pernah dengar tentang balasan di tanah suci. Katanya kalau selama ini kita bertingkah laku buruk, maka di tanah suci bisa mendapatkan balasannya. Lalu, orang-orang yang belum berangkat haji ini merasa bahwa masa lalunya kelam. Itulah yang membuat mereka takut. Tentu anggapan tersebut keliru.

 

Nah, sekarang kamu sudah sedikit tahu tentang alasan orang-orang yang sudah mampu di sekitar kamu mengapa belum haji. Dengan begitu, kamu bisa saja jadi salah satu orang yang mulai membangkitkan kesadaran dan keberanian mereka untuk menunaikan ibadah haji ya.

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *