Salsabila A a wanderer and a writer

SUDAH HILANGKAH SIFAT SOMBONG DALAM IBADAHMU?

1 min read

SUDAH HILANGKAH SIFAT SOMBONG DALAM IBADAHMU?

Syaikh Said Ramadhan Al Buthi, ulama dunia asal Damascus pernah berkata,

 

banyak umat Islam merasa dengan haji dan umrahnya bisa mendekatkan diri kepada Allah. Namun malah sebaliknya, ibadah haji dan umrah tersebut membuat mereka semakin jauh dari Allah karena masih memiliki sifat sombong dan tidak ada keikhlasan dalam ibadah mereka.”
 

Pernah merasa kalau diri ini lebih hebat dari yang lainnya? Lebih pintar, lebih  cantik, lebih kaya, lebih mampu, dan lebih yang lainnya. Hati-hati karena sifat sombong itu bisa muncul kapan saja, bahkan ketika kamu beribadah sekalipun. Bersedekah dengan jumlah besar karena merasa lebih kaya dari yang lain. Ngga mau ikut kajian di masjid dekat rumah karena sudah merasa ilmunya cukup dan tahu tentang segalanya. Termasuk pergi haji cuma buat dihormati oleh tetangga, jadi tanda kalau sifat sombong dalam ibadah sudah ada dalam pikiranmu. Meski awalnya diniatkan untuk beribadah, kalau sudah terkena rayuan setan bisa jadi sifat sombong juga ikut terbawa.

 

Akibat adanya sifat sombong dalam ibadah ini bisa saja mendapat teguran langsung dari Allah. Misal ketika berada di tanah suci, tiba-tiba saja kamu jatuh sakit padahal sebelumnya segar bugar, atau tersesat di keramaian dan ngga bisa menemukan rombongan. Ini bakal membuat ibadah haji atau umrah jadi ngga maksimal. Sayang sekali kan kalau sudah jauh-jauh datang ke tanah suci dan malah menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke tanah suci ada baiknya bukan cuma mempersiapkan materi saja, tapi juga hati dan jiwa serta diiringi niat yang kuat. Sehingga segala hal yang bisa menghalangi ibadah bisa terhindar selama perjalanan.

 

Buat menghilangkan sifat sombong yang terkadang suka mampir ke dalam hati ini gampang gampang susah. Penyakit ini ngga bisa hilang hanya dengan taat melakukan ibadah harian seperti salat. Niat yang benar-benar kuatlah yang membuat hati terhindar dari sifat sombong dalam ibadah, termasuk ibadah haji dan umrah. Jangan ada niat agar punya julukan Pak Haji atau Ibu Hajjah dari para tetangga, atau ke tanah suci hanya untuk jalan-jalan saja. Niatkan hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mencari ridho dan mengharap ampunan dari Allah. Semoga saja dengan selalu mengingat dosa-dosa yang sudah dilakukan, bisa menghindari diri ini buat memiliki sifat sombong. Aamiin.. 

 

Oleh: Desi Wulandari 

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *