Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

SIAPKAN 5 HAL INI SEBELUM KE TANAH SUCI

1 min read

SIAPKAN 5 HAL INI SEBELUM KE TANAH SUCI

Kita pasti sudah belajar sejak Sekolah Dasar kalau haji itu hukumnya wajib bagi yang mampu. Nah, arti mampu ini mungkin seringkali hanya diidentikan dengan mampu secara finansial. Tapi, mulai sekarang kita harus lebih memahami kalau mampu yang dimaksud bukan cuma itu. Kesiapan jasmani dan rohani juga termasuk dalam kategori syarat mampu untuk berangkat haji. Kamu yang sekarang belum memiliki cukup biaya untuk berangkat haji namun memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik, tetap harus bersyukur dan optimis. Itulah salah satu kemampuan yang saat ini kamu miliki untuk bekal berangkat haji. Terus jaga kemampuan tersebut dengan menjaga kesehatan diri sampai bisa berangkat haji. Selanjutnya tinggal mengumpulkan biayanya. Ya, tetap harus bersyukur karena banyak orang di luar sana yang juga hanya memiliki satu syarat mampu saja. Mampu secara finansial namun tidak secara jasmani maupun rohani.

 

Nah, bagi kamu yang saat ini sudah punya kemampuan finansial, coba lihat apakah kamu juga sudah memiliki kesiapan jasmani dan rohani. Kalau rasanya ragu tentang hal itu, maka kamu bisa berusaha menyiapkannya dengan melakukan hal-hal berikut ini sebelum berangkat ke tanah suci:

 

  1. Memeriksakan diri ke dokter atau melakukan medical check-up

 

Mengecek kesehatan tentunya ngga cuma perlu kamu lakukan saat akan berangkat haji. Hal itu harusnya sudah jadi kebiasaan. Tapi kalau memang belum pernah melakukannya, kamu bisa memulainya sekarang. Cek kesehatan dan konsultasikan keadaan tubuh kamu pada dokter. Kalau ditemukan keadaan yang mungkin bisa menghambat perjalanan haji, kamu masih bisa mengatasinya mulai sekarang.

 

  1. Lebih membiasakan diri hidup sehat

 

Selain memeriksakan diri ke dokter, kita juga harus lebih membiasakan diri hidup sehat. Hal ini adalah salah satu upaya untuk bisa memiliki kesiapan jasmani dan rohani sebelum berangkat haji. Hidup sehat dilakukan dengan beberapa hal. Mulai memperhatikan makan, jam istirahat, juga rutin berolahraga.

 

  1. Niat dan Keikhlasan

 

Dua hal diatas adalah upaya menyiapkan kemampuan diri khususnya secara jasmani. Tentunya rohani juga harus seimbang. Untuk itu, niatkanlah keberangkatan haji kita untuk meraih ridho Allah SWT dengan disertai ikhlas. Apapun nantinya yang kita alami sebelum maupun saat berada di tanah suci, harus kita terima dan lalui dengan penuh keihkasan dan kesabaran. Contoh kecilnya saja saat kita harus berdesak-desakan denganjamaah lain di tanah suci.

 

  1. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan tentang ibadah

 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan diri deangan bekal ilmu pengetahuan tentang ibadah. Itu juga termasuk dalam kesiapan jasmani dan rohani. Kalau kita sudah lebih paham tentang ibadah, insyaallah kita akan lebih mudah, ikhlas, dan lancar dalam menjalankannya di tanah suci. Bagaimana untuk tidak memaksakan diri untuk hal-hal yang tidak perlu, bagaimana menjaga kesabaran saat beribadah di sana, dan sebagainya.

 

  1. Meminta maaf dan doa restu dari sesama manusia

 

Hal yang satu ini mungkin sudah jadi kebiasaan di Indonesia. Biasanya memang dilakukan oleh orang-orang yang akan berangkat haji. Calon jamaah haji akan mengundang saudara, tetangga, dan kerabat untuk datang ke rumah, syukuran dan berpamitan. Tak lupa minta maaf dan meminta doa restu. Tapi selalu ingat kalau kita melakukan hal itu bukan semata-mata karena kebiasaan saja. Meminta maaf dan doa restu adalah sesuatu yang memang kita butuhkan sebelum berangkat haji demi menyempurnakan kesiapan jasmani dan rohani.

 

Dengan melakukan hal-hal di atas, insyaallah kita akan lebih diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah haji. Keragu-raguan soal jasmani maupun rohani akan terbantu dengan melakukan hal-hal di atas. Pergi ke tanah suci pun  kita akan merasa lebih siap.

5
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *