Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

SEPEDA RAKSASA NABI ADAM DI KOTA JEDDAH

1 min read

SEPEDA RAKSASA NABI ADAM DI KOTA JEDDAH

Para Pendamping haji sudah hafal betul kalau jamaahnya akan merasa bosan saat duduk saja dalam bis rombongan yang melaju ke tempat-tempat tujuan ibadah. Butuh sesuatu yang segar untuk menemani perjalanan di tengah cuaca Arab Saudi yang panas. Maka biasanya para pendamping itu akan mulai bercerita apa saja. Nah cerita tentang sepeda raksasa Nabi Adam adalah yang paling sering diperdengarkan. Biasanya cerita ini akan disampaikan kalau bis sedang melewati sepeda raksasa itu. Yap, sepeda raksasa yang benar-benar ada di tengah kota Jeddah.

 

Sepeda raksasa itu adalah monumen yang ada di kawasan Al Mawadi, Jeddah. Saat kamu melihatnya langsung nanti, pasti kamu juga akan kagum pada sepeda yang satu ini. Karena ukurannya memang sangat besar, pantas saja disebut sepeda raksasa. Tingginya mencapai 5 meter, sementara bentuknya ya seperti sepeda pada umumnya. Sayangnya, ngga ada keterangan tentang siapa pembuatnya atau sekedar tahun berapa sepeda ini dibuat. Yang jelas, sepeda ini mendapat sebutan “sepeda Nabi Adam”. Kabar burung lainnya yaitu bahwa pembuatan sepeda raksasa Nabi Adam ini dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi untuk menghargai dan menghormati para jamaah haji asal India yang pergi ke tanah suci menggunakan sepeda.

 

Ingat loh, nama “sepeda Nabi Adam” itu cuma sebutan saja. Kita bisa menikmati cerita tentang sepeda raksasa Nabi Adam yang disampaikan oleh pendamping haji sebagai hiburan yang menyenangkan di tengah perjalanan saja. Ngga perlu sampai mempercayainya sebagai sebuah kenyataan. Coba saja pikirkan, apakah mungkin itu adalah sepeda milik Nabi Adam? Pasti ngga dong? Jaman dulu kan belum ada sepeda. Kalaupun iya ada, maka bentuknya ngga akan sama persis dengan sepeda-sepeda pada peradaban yang lebih modern.  Yap, sepeda raksasa di tengah kota Jeddah itu bentuknya sudah cukup modern. Kalau lebih diperhatikan, kamu mungkin akan merasa kalau sepeda itu adalah sepeda yang sering kamu lihat di Indonesia. Bahkan mungkin mirip seperti sepeda milikmu atau milik orangtua dan kakek-nenek kita. Ngga cuma kamu kok yang merasa begitu. Teman-teman kita jamaah dari Indonesia juga banyak yang menyadarinya.

 

Ternyata, anggapan kita bukan tanpa alasan. Ini terkait dengan fakta tentang sepeda raksasa Nabi Adam yang pasti akan bikin kamu terkejut. Fakta itu adalah.... Bahwa sepeda raksasa yang terpajang di tengah kota Jeddah, yang disebut sepeda Nabi Adam, ternyata memang buatan Indonesia! Hadiah dari Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Kaget kan kamu? Fakta itu juga membuat banyak orang kaget. Wah, ternyata hasil karya orang Indonesia sangat membanggakan ya?
 

 

image: tripadvisor 

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *