Salsabila A a wanderer and a writer

SEJARAH MAKAM SITI HAWA DI KOTA JEDDAH

1 min read

SEJARAH MAKAM SITI HAWA DI KOTA JEDDAH

Kalau kamu lagi melakukan perjalanan haji atau umroh, jangan lewatkan untuk berwisata di Kota Jeddah. Ada hal yang menarik dan tidak mungkin kamu lupakan, yaitu melihat sebuah makam panjang berada di balik sebuah tembok yang menjulang cukup tinggi di Kota Jeddah. Tahukah kamu, bahwa makam tersebut dipercaya sebagai makam dari Siti Hawa? Buat kamu yang penasaran, ngga usah khawatir karena Muthowwif atau pemandu akan menunjukkannya apabila melewati makam Siti Hawa di Kota Jeddah ini.

 

Tapi, apa benar itu adalah makam Siti Hawa di Kota Jeddah? Sebetulnya hingga saat ini, belum ada ahli dari Sejarah yang dapat membuktikan secara pasti jika makam tersebut merupakan makam dari Siti Hawa. Kuburan ini diyakini sebagai makam dari Siti Hawa setelah cerita dari mulut ke mulut yang tersebar di seluruh Arab Saudi. Banyak penduduk lokal yang mengaitkan nama kota Jeddah berasal dari bahasa Arab Jiddah yang artinya sendiri adalah nenek. Hal inilah yang akhirnya membuat beberapa asumsi bahwa penamaan kota yang sedikit mirip dengan kata Jiddah itu memiliki kerterkaitan dengan makam wanita tertua di dunia yang ada di tempat tersebut, dan diyakini sebagai makam dari Siti Hawa.

 

Beberapa penelitian telah dilakukan seperti salah satunya oleh Hatoon al-Fassi yang merupakan ahli sejarah di abad 9 Masehi. Al-Fassi ini menuturkan bahwa ada seorang sejarawan yang bernama Al-Fakihi dan pernah menulis bahwa dua sahabat dekat Nabi Muhammad SAW yaitu Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas pernah sedikit membicarakan tentang makam Siti Hawa yang ada di Jeddah ini. Namun hingga saat ini, belum ada sebuah titik terang yang membuktikanya, karena pemerintah Arab Saudi juga telah menutup makam tersebut untuk diziarahi oleh para Jamaah.

 

Sebenarnya tidak hanya makam Siti Hawa saja yang masih menjadi sebuah tanda tanya. Terdapat makam dari tokoh lainnya yang harus diteliti lebih lanjut tentang keasliannya. Namun tentu saja hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan oleh beberapa ilmuwan, karena pemerintah Arab Saudi memiliki hukum yang harus dipatuhi oleh semua penduduk yang datang ke negara tersebut. Tapi, sebetulnya ngga ada salahnya kok kamu ikut mengira tempat tersebut adalah makam Siti Hawa di Kota Jeddah, dan menjadikannya sebagai pengalaman umroh yang tidak akan terlupakan.

 

Oleh: Maulida Larasati

 

5
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *