Desi Wulandari Buruh teks serabutan

SEJARAH DAN KISAH BURUNG MERPATI DI KOTA MEKAH

1 min read

SEJARAH DAN KISAH BURUNG MERPATI DI KOTA MEKAH

Pertama kali kamu menginjakkan kaki di Kota Mekah, pasti bakal berdecak kagum dan heran melihat ribuan merpati yang terbang di tengah kota. Meski burung merpati di kota Mekah tersebut liar, tapi mereka nggat takut dengan manusia. Bahkan mereka bisa hidup berdampingan dengan jutaan jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji atau umroh. Hal lain yang bikin kagum yaitu kamu ngga akan melihat kotoran merpati di jalanan kota Mekah, hingga sekitar Masjidil Haram. Padahal, hewan liar apalagi burung biasanya membuang kotoran di mana saja. Tapi untuk yang satu ini, kota Mekah dijamin aman dari kotoran burung yang biasanya suka bertebaran di jalan.

Sebenarnya burung merpati yang ada di kota Mekah ini sama saja dengan burung merpati yang ada di kota lainnya di dunia. Ngga ada keistimewaan khusus kalau dibandingkan dengan burung merpati yang lainnya. Hanya saja, kita memang dilarang menjadikan burung merpati di kota Mekah ini sebagai buruan atau mengusirnya. Baik jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji atau umroh di tanah suci, maupun masyarakat sekitar yang tinggal di Kota Mekah. Toh, mereka ngga akan mengganggu kegiatan beribadah haji ataupun umroh jemaah. Kalaupun dirasa sedikit mengganggu, kibaskan saja tangan secara perlahan untuk memindahkan posisi mereka semisal kita ingin melakukan ibadah di tempat tertentu.

Ada sedikit kisah di masa lampau tentang merpati yang ada di Mekah ini. Katanya, burung merpati di kota Mekah ini punya ikatan yang erat dengan sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Saat itu, disebutkan bahwa ketika Rasulullah SAW dan Abu Bakar saat hendak hijrah ke Madinah dikejar oleh Kaum Quraisy, mereka bersembunyi di dalam gua Hiro. Setelah Rasulullah dan Abu Bakar ada di dalam gua, datanglah laba-laba yang membuat sarang dan burung merpati yang bertelur guna menutup pintu gua. Melihat keadaan tersebut, tentunya Kaum Quraisy yakin bahwa ngga mungkin Rasulullah ada di dalam gua. Akhirnya, Rasulullah dan sahabatnya pun selamat.

Nah, ada kemungkinan burung merpati di kota Mekah yang saat ini berkeliaran adalah keturunan dari merpati yang saat itu bertelur di gua Hiro. Sebagian penulis sejarah Arab juga bahkan meyakini hal itu, lho. Terlepas dari sejarah tersebut, semoga burung merpati bisa membuat kita memuji kebesaran Allah SWT.

2
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *