Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

SEBERAPA PENTINGNYA IBADAH HAJI BAGI UMAT ISLAM?

1 min read

SEBERAPA PENTINGNYA IBADAH HAJI BAGI UMAT ISLAM?

Ibadah haji merupakan salah satu sarana taqarrub pada Allah yang memiliki sejumlah makna mendalam. Mungkin selama ini kita bertanya-tanya, seberapa penting sih ibadah haji ini sampai masuk dalam rukun Islam? Kenapa sih orang-orang Islam berbondong-bondong pengen banget pergi ke Tanah Suci, bahkan mereka yang bisa dibilang berasal dari latar belakang ekonomi biasa-biasa saja? Ternyata pentingnya ibadah haji berkaitan dengan empat pelajaran yang bisa kita dapat di dalamnya.

 

1. Pelajaran Tentang Pengorbanan

Ibadah haji akan mengajarkan kita untuk berkorban. Tiap Muslim yang pergi haji pasti akan secara sukarela mengorbankan apa saja agar bisa berada di jalan Allah, mulai dari harta, fisik hingga jiwa mereka. Bayangkan aja nih, Muslim yang pergi haji biasanya rela menabung sampai bertahun-tahun lamanya. Bahkan, mereka juga udah paham gimana resiko menunaikan ibadah haji. Nggak sedikit lho jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci, tapi hal itu sama sekali nggak menyurutkan niat mereka dalam melaksanakan rukun Islam kelima ini.

 

2. Pelajaran Tentang Ketundukan dan Ketaatan

Ibadah haji juga mengajarkan ketundukan serta ketaatan total pada Allah. Saat menunaikan haji, kita akan pasrah mengikuti semua ritual yang diwajibkan, bahkan walau ritual tersebut melelahkan ataupun memberatkan. Nggak masalah, toh kita udah seratus persen tunduk dan taat serta mau menjalaninya.

 

3. Pelajaran Tentang Persamaan dan Persaudaraan

Pentingnya ibadah haji berkaitan juga dengan pelajaran tentang persaudaraan dan persamaan antar sesama Muslim. Saat menunaikan ibadah haji, seorang Muslim bakal merasa kedudukannya sama di hadapan Allah. Nggak peduli apakah orang Muslim itu berasal dari keluarga berada atau biasa-biasa saja, mereka akan merasakan ukhuwah Islamiyah atau ikatan persaudaraan erat. Ukhuwah Islamiyah yang terbangun ini juga nggak melihat perbedaan warna kulit, ras, bahasa serta asal negara mereka, lho.

 

4. Pelajaran Tentang Kesempurnaan Keislaman Seseorang

Ibadah haji adalah ibadah yang penting. Nggak hanya sebagai salah satu kewajiban dari Allah namun juga sebagai simbol kesempurnaan keislaman seseorang. Wajar dong kalau kaum Muslim dari seluruh penjuru dunia rela mengorbankan apa saja yang mereka punya supaya bisa mendatangi Tanah Suci, termasuk mengeluarkan harta benda, meninggalkan keluarga di kampung halaman dan menempuh perjalanan yang melelahkan.

 

Dilihat dari empat pelajaran yang bisa didapat dari perjalanan ibadah haji di atas, jelaslah sudah gimana pentingnya ibadah haji untuk tiap Muslim. Bahkan, Muslim sekarang rela menunggu lama untuk menunaikan ibadah haji karena masa tunggunya mencapai puluhan tahun. Namun, lamanya masa tunggu akan terbayar lunas saat seorang Muslim berhasil menjejakkan kakinya di Tanah Suci dan menjalankan ibadah yang satu ini.

 

4
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *