SAUDI SIAP MENYAMBUT 1,5 JUTA CALON HAJI

1 min read

SAUDI SIAP MENYAMBUT 1,5 JUTA CALON HAJI

Jamaah Haji sudah mulai diberangkatkan dari Indonesia dan negara-negara lainnya, berarti sebentar lagi mereka resmi menjadi tamu-tamu Allah dan menunaikan ibadah Haji. Pada tahun ini dilansir oleh beberapa surat kabar lokal, sebanyak 1,5 juta jamaah kaum Muslimin akan menunaikan ibadah Haji.

 

Pengaturan- pengaturan terhadap tamu Allah oleh tuan rumah sudah mulai berjalan dengan baik, mulai dari pemondokan, katering dan akomodasi pun berjalan dengan baik tanpa ada rintangan karena persiapan ini sudah jauh-jauh hari dirancang oleh Kerajaan Saudi. Kerajaan Saudi juga telah mengatur dan merancang kebersihan umum situs kota, pengawasan pasar, pengorganisasian toko-toko, dan pemeliharaan prasarana sipil yang terdiri dari terowongan, jembatan, toilet, taman umum, dan lain-lain. Bahkan untuk menjalankan rencana mereka, kerajaan saudi telah menyiapkan lebih dari 23.000 pekerja akan melakukan kegiatan pembersihan Makkah dan tempat-tempat suci.

 

Sebagai tuan rumah, kerajaan Saudi juga telah mengatur kedatangan jamaah Haji di bandara- bandara yang disiapkan khusus untuk menyambut jamaah Haji. Kelompok terbang pertama jamaah Haji tahun ini tiba pada tanggal 8 Agustus 2016 di Jeddah dan Madinah. Penerbangan pertama adalah dari New Delhi yang mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad di Madinah. Diikuti oleh penerbangan dari Pakistan. Sedangkan penerbangan pertama yang mendarat di Terminal Haji Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah (KAIA) adalah dari Dhaka, Bangladesh. Diperkirakan jumlah total 143.370 jamaah dari Pakistan dan 136.020 dari India akan melakukan ibadah haji tahun ini.

 

Untuk lebih menjaga kenyamanan dan ketertiban proses ibadah Haji tahun ini, Kerajaan Saudi telah melibatkan lebih dari 7.000 staf, yang mewakili 27 instansi pemerintah maupun swasta. Belum lagi pihak keamanan yang tersebar di seluruh penjuru kota Makkah dan Madinah. Kerajaan saudi menginginkan jamaah haji yang datang tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyu dan nyaman, dan mereka juga berharap seluruh jamaah haji menjaga ketertiban dan peraturan yang diberlakukan di sana. Karena dengan kerja sama yang baik maka ibadah Haji tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

2
dennistutuko