Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

RUTE PERJALANAN UMROH YANG RECOMMENDED BANGET

1 min read

RUTE PERJALANAN UMROH YANG RECOMMENDED BANGET

Selain waktunya yang berbeda dan juga ada beberapa kegiatan yang berbeda, apalagi perbedaan antara haji dan umroh? Bagi yang sudah pernah umroh pasti tahu nih. Yaitu umroh biasanya ada tambahan perjalanan wisatanya. Walaupun mungkin kamu nggak mengikuti paket umroh plus wisata. Karena memang bagi para travel umroh, ada semacam rute perjalanan umroh yang wajib untuk dilewati oleh para jamaahnya. Jadi, selain melaksanakan ibadah umroh, kamu juga akan diajak untuk melakukan perjalanan atau ziarah. Sedikit berbeda dengan ibadah haji yang lebih fokus pada kegiatan hajinya, karena memang kegiatannya lebih padat.

 

Rute perjalanan umroh yang menurut para travel umroh ini wajib untuk dilewati yaitu ziarah ke Masjid Quba, Jabal Uhud, dan mengunjungi pasar kurma. Itulah rute yang sepertinya wajib diberikan kepada para jamaah umroh oleh para travel umroh. Coba saja kamu tanya pada orang-orang yang kamu kenal yang sudah melaksanakan ibadah umroh. Apakah iya dalam perjalanan umroh mereka, travel umroh mengajak mereka untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut? Mungkin hampir seluruh travel umroh pasti menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai daftar tempat yang dikunjungi.

 

Rute perjalanan umroh “wajib” ini dimulai dari Masjid Quba. Masjid ini adalah destinasi yang paling dekat dengan kota Madinah. Masjid Quba tentu bukan masjid biasa. tebak apa istimewanya masjid ini, apakah kamu bisa memperkirakannya? Masjid tersebut adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Kalau nanti kamu singgah di sana, semoga kamu punya kesempatan untuk sholat 2 rakaat di dalamnya karena Rasulullah SAW bersabda” “Barang siapa bersuci (wudhu) di rumah lalu datang ke Masjid Quba dan shalat 2 rakaat di dalamnya, maka baginya seperti pahala umrah (HR Ahmad dan Nasa’i)". MasyaAllah.

 

Rute perjalanan umroh selanjutnya yang diberikan travel umroh setelah ke Masjid Quba biasanya adalah Jabal Uhud. Tempat ini adalah gunung yang katanya merupakan salah satu gunung yang akan ada di surga nanti, wow. Memang gunung ini nggak terlalu besar, tapi panoramanya indah seperti gunung-gunung pada umumnya. Jangan lupa untuk berdoa di sana. Boleh juga mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

 

Destinasi terakhir dalam rute perjalanan umroh “wajib” ini adalah kebun kurma. Ya, benar-benar kebun kurma dan kamu bisa belanja kurma di sana. Belanjanya di pasar kurma, kebunnya ada di belakang pasar itu. Berbagai jenis kurma tersedia di sana. Stok kurmanya juga banyak jadi kamu nggak perlu khawatir nggak kebagian.

 

Melewati rute perjalanan umroh “wajib ini kamu nggak cuma jalan-jalan saja, tapi kamu juga akan mendapatkan wawasan keislaman dan sejarah karena pemandu wisata yang mendampingi kamu biasanya selalu menjelaskan tempat-tempat sejarah yang dikunjungi. Perjalanan menyenangkan yang biasanya dimulai pukul 7 atau 8 pagi ini akan berakhir di siang hari. Rombongan akan dibawa kembali ke hotel untuk melaksanakan kegiatan umroh lainnya. Jadi nggak perlu khawatir kegiatan ibadah umroh terganggu dengan melakukan perjalanan ini ya.

 


image: grid.id

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *