sabila ainur a wanderer and a writer

RAUDHOH, TAMAN SURGA TEMPAT MUSTAJAB UNTUK BERDOA

1 min read

RAUDHOH, TAMAN SURGA TEMPAT MUSTAJAB UNTUK BERDOA

Punya doa yang pengin banget dikabulkan? Kalau kamu saat ini punya kesempatan untuk berkunjung ke tanah suci, jangan lupa untuk datang ke Raudhoh, salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa di Tanah Suci. Meski cuma berbentuk ruangan dengan luas sekitar 22 x 15 meter, banyak umat muslim dari seluruh dunia yang berebut untuk masuk ke dalam area Raudhoh ini. Letaknya ada di dalam Masjid Nabawi di Madinah, antara kamar Nabi Muhammad SAW dan mimbar untuk berdakwah.

 

Sesuai dengan sabda yang diucapkan oleh beliau, “Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhoh di antara taman-taman surga” (HR. Bukhari). Oleh karena itu, Raudhoh juga sering disebut sebagai taman surga.

 

Raudhoh dibuka sepanjang siang kecuali malam untuk jemaah pria dan tiga kali sehari untuk jemaah wanita, yaitu setelah salat subuh, salat zuhur, dan salat isya. Meski datang ke sana hanya untuk “berbicara” kepada Allah dengan menyampaikan doa-doa, kamu butuh fisik yang tahan banting. Pasalnya, perjalanan menuju Raudhoh dilalui dengan berdesak-desakkan karena harus bersaing dengan jemaah yang lain. Bukan cuma fisik yang disiapkan, tapi juga mental untuk selalu bersabar menahan emosi menghadapi dorongan sana sini demi bisa berada di dalam tempat mustajab untuk berdoa tersebut. Karena ngga sedikit jemaah yang bahkan memaksa lewat dan melangkah di depan orang yang sedang bersujud.

 

Sebenarnya area Raudhoh ditandai dengan karpet warna hijau keabu-abuan. Namun banyak jemaah yang ngga puas dan pengin berada di saf paling depan. Selama berada di Raudhoh ini dijamin kamu bakal terharu karena mendengar lantunan shalawat, kalimat tasbih dan zikir lainnya dari jemaah yang diucapkan dengan sungguh-sungguh.

 

Siapa sih yang ngga berusaha khusyu ketika dapat kesempatan bisa berada di tempat yang mustajab buat berdoa? Meski begitu, kamu ngga boleh mengganggu kekhusyuan orang lain yang juga sedang berdoa. Hati-hati ketika berjalan, jangan sampai melangkahi jemaah yang sedang sujud. Jangan juga menyempil di tengah-tengah mereka yang sedang salat padahal tempatnya sudah ngga muat.

 

Kalau melihat ada jemaah yang sudah berusia renta mengalami kesusahan, bantulah dengan menjaganya ketika sedang melaksanakan salat. Intinya, jangan sampai niat untuk berdoa dengan sungguh-sungguh, malah dirusak dengan emosi kepada sesama jemaah. Jadikan kesempatan bisa berada di tempat yang mustajab untuk berdoa sebaik-baiknya agar doa kita juga dijabah oleh Allah. InsyaaAllah..

 

images: http://www.ihyatour.id

4
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer