sabila ainur a wanderer and a writer

RAGAM OBJEK WISATA RELIGI DI TANAH SUCI

1 min read

RAGAM OBJEK WISATA RELIGI DI TANAH SUCI

Ibadah haji atau umroh ialah perjalanan religius yang pastinya diidam-idamkan banget sama seluruh umat Islam. Mengunjungi Tanah Suci yang dirahmati Allah sekaligus akan mempertebal keimanan. Walau tujuan utama melakukan perjalanan ke Mekkah dan Madinah sudah pasti adalah menunaikan ibadah haji atau umroh, tapi kita bisa banget melipir ke objek wisata yang ada di Tanah Suci. Pastinya, kegiatan jalan-jalan ini harus dilakukan setelah rangkaian ibadah selesai, yhaa. Nah, aneka tempat wisata di bawah ini nggak hanya menyajikan spot selfie yang bagus, tapi juga kental akan sejarah peradaban Islam.

 

Jabal Tsur

 

Objek wisata satu ini ialah bukit batu dengan tiga puncak tinggi di bagian selatan Kota Mekkah. Di salah satu puncaknya, kita akan menemukan Gua Tsur yang menjadi saksi bisu keajaiban Rasulullah saat sahabat beliau dikejar kaum Quraisy. Kala itu, Rasulullah hendak dibunuh oleh seorang algojo Quraisy. Beliau bersama Abu Bakar lalu pergi dari kejaran kaum kafir. Begitu sampai di Jabal Tsur, mereka menemukan Gua Tsur dan bersembunyi selama 3 hari 3 malam. Saat si algojo sampai ke mulut gua ini, mereka menemukan sarang merpati dan laba-laba sehingga ngga bisa menemukan Rasulullah dan Abu Bakar yang sedang sembunyi di dalam.

 

Jabal Rahmah

 

Selain Jabal Tsur, ada lagi Jabal Rahmah yang sering juga disebut sebagai Bukit Kasih Sayang. Di sinilah Nabi Adam serta Siti Hawa dipertemukan lagi setelah dipisahkan bertahun-tahun. Puncak bukitnya nggak terlalu tinggi, hanya 70 meter serta dapat didaki dengan mudah menggunakan anak tangga dalam waktu 15 menit. Di bagian puncaknya juga terdapat monumen Adam dan Hawa. Jabal Rahmah juga jadi tempat diturunkannya wahyu terakhir yaitu QS Al Maidah ayat 3.

 

Gunung Uhud

 

Uhud berarti penyendiri. Gunung ini terletak 4 km dari Masjid Nabawi dan ketinggiannya kira-kira 300 meter dari permukaan tanah. Gunung ini kerap jadi destinasi ziarah oleh Nabi tiap tahunnya, hingga sepeninggal Nabi pun kebiasaan ini masih diteruskan para sahabat. Pernah terjadi Perang Uhud di lembah ini pada 15 Syawal tahun 3 Hijriah antara tentara Quraisy dan umat Islam. Di sini kita juga bisa menemukan banyak makam syuhada. Ada juga Masjid Al Fash yang jadi tempat sholat dzuhur Rasulullah pasca selesainya Perang Uhud.

 

Masjid Quba

 

Letak objek wisata ini kira-kira 5 km di sebelah tenggara dari Kota Madinah. Masjid ini terbilang istimewa karena dibangun Rasulullah pada tahun 1 Hijriah berdasarkan asas ketaqwaan seperti disebutkan dalam QS At Taubah ayat 108. Rasulullah bersabda bahwa mendirikan sholat di Masjid Quba akan diganjar pahala sebagaimana ibadah umroh.

 

Nah, itulah tempat-tempat wisata religi terbaik di Tanah Suci. Kalau versi terbaik menurut kamu, yang mana?

 

 

Oleh: Wahyu Tri Utami

 

image: hajjumrahplanner.com



 

3
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *