sabila ainur a wanderer and a writer

PILIHAN OLEH-OLEH TERBAIK DARI TANAH SUCI

1 min read

PILIHAN OLEH-OLEH TERBAIK DARI TANAH SUCI

Selesai menunaikan rangkaian ibadah haji, ngga lengkap rasanya kalau ngga sekalian membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Biasanya yang paling sering dijadikan buah tangan yaitu barang yang jadi ciri khas dari kota Mekah, mulai dari makanan, sampai ke pakaian. Nah, berikut pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa buat keluarga tercinta. 

 

Makanan

 

Oleh-oleh asal Mekah ini pastinya ngga boleh terlewat. Siapa yang ngga kenal dengan buah asli tanah suci, kurma. Ada hampir 26 jenis kurma yang dijual, tapi yang jadi primadona yaitu kurma Ajwa Al-Madinah atau kurma nabi. Katanya, kurma ini berasal dari surga yang bisa menyembuhkan penyakit dan ditanam sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma ini punya ukuran lebih kecil dari jenis lainnya, berwarna kehitaman, dan ngga terlalu manis.

 

Selain kurma, makanan yang jadi ciri khas oleh-oleh asal mekah yaitu kacang arab yang punya bentuk mirip dengan kemiri. Kacang arab mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat yang bermanfaat buat tubuh, yaitu melancarkan pencernaan dan meningkatkan proses metabolisme. Kamu bisa datang ke pasar kurma di Madinah, sekitar 60 meter dari Masjid Nabawi. Pasar ini buka pukul 7 pagi sampai 11 malam. Kalau ingin cari kurma dengan harga yang lebih murah, kamu bisa pergi ke Pasar Bab Mekah, yang letaknya di Suhaifa, Jeddah dan buka dari pagi sampai masuk waktu salat Zuhur. Harga kurma di sini sekitar 50 Riyal per kilogramnya.

 

Pakaian dan Aksesoris

 

Menjadikan pakaian dan aksesoris khas tanah suci juga sering jadi pilihan utama buat oleh-oleh asal mekah. Mukena, sajadah, kopiah, sorban, baju koko, dan gamis bisa kamu bawa untuk dibagikan ke keluarga dan sanak saudara di rumah. Ada juga tasbih yang dibuat dari kayu kokka, kayu yang konon katanya dijadikan bahan untuk membuat tongkat Nabi Musa dan kapal Nabi Nuh. Uniknya, kayu ini punya wangi yang bisa menenangkan pikiran loh.

 

Barang-barang tersebut bisa kamu beli di pasar Zakfariyah yang jaraknya sekitar 1 km dari Masjidil Haram dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit atau naik angkutan umum dengan tarif 2 Rial. Pasar ini mirip dengan pasar Tanah Abang atau pasar Jatinegara tapi dalam versi yang lebih kecil dan sering disebut pasar borong karena harganya murah dan kebanyakan pembeli membeli dengan sistem borong. Jangan heran kalau banyak pedagang yang bisa ngomong bahasa Indonesia karena pasar ini ramai didatangi orang Indonesia.

 

Air Zam-Zam

 

Kurang lengkap rasanya kalau kembali dari ibadah umroh atau haji tanpa membawa air zam-zam sebagai oleh-oleh asal mekah. Air suci yang punya banyak manfaat tergantung kepada niat yang meminumnya ini memang menjadi barang wajib bagi mereka yang pulang dari tanah suci. Biasanya mata air yang letaknya hanya 11 meter dari ka'bah ini dikemas dalam botol, mulai dari ukuran kecil hingga sedang, sehingga kamu ngga perlu repot lagi mengemasnya jadi ukuran kecil.

 

 

Oleh: Desi Wulandari 

2
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *