Salsabila A a wanderer and a writer

PERHATIKAN INI SEBELUM BUKA TABUNGAN HAJI

1 min read

PERHATIKAN INI SEBELUM BUKA TABUNGAN HAJI

Sudah bukan rahasia kalau ibadah haji menuntut fisik yang kuat dan finansial yang baik. Ongkos haji yang hampir selalu naik setiap tahunnya membuat kita harus ekstra cermat dalam mempersiapkan tabungan haji. Salah-salah, kita nggak jadi berangkat dan hanya bisa gigit jari melihat jamaah lain yang sudah mulai mempersiapkan diri.

 

Menabung khusus untuk biaya haji memang menjadi cara jitu dalam mengumpulkan dana untuk membiayai perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Ibarat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, demikian juga dengan tabungan yang dibuka khusus untuk ibadah haji. Disiplin serta konsistensi menabung di tabungan haji akan memudahkan perjalanan kita nanti. Nah, berikut adalah beberapa poin penting yang wajib diperhatikan sebelum membuka tabungan khusus haji.

 

1. Ketahui Dulu Rincian Biaya Haji

 

Seperti telah disinggung sebelumnya, biaya naik haji cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Biaya naik haji memang nggak sedikit, mulai dari tiket pesawat PP Jakarta-Jeddah, hotel, pajak bandara, layanan penumpang, pemondokan dan lain-lain. Kita harus tahu dulu nih berapa banyak sih biaya haji yang dibutuhkan saat ini. Tujuannya agar kita punya bayangan berapa rupiah dana yang harus dikumpulkan di tabungan haji agar bisa berangkat ke Tanah Suci.

 

2. Surat Izin Masuk Arab Saudi (Tasreh)

 

Surat ini adalah surat izin masuk ke Arab Saudi bagi calon jamaah haji. Tasreh sedikit mirip visa. Bedanya, kalau keberangkatan haji kita dikoordinasikan pemerintah, sudah pasti kita punya Tasreh. Tapi, kalau kita pergi haji menggunakan travel agen illegal yang nggak diketahui pemerintah, maka otomatis nggak akan ada Tasreh yang kita punya. Konsekuensinya adalah kita bisa ditolak terbang saat berada di bandara keberangkatan. Kalau sampai ketahuan di Arab Saudi, maka kita nggak akan diizinkan melakukan rangkaian kegiatan ibadah haji dan nggak akan ada yang mengurusi kita. Waduh, ribet banget kan?

 

3. Kuota Haji

 

Hal lain yang harus jadi pertimbangan sebelum membuka rekening tabungan haji adalah kuota haji. Kuota haji ialah batasan dari pemerintah Arab Saudi untuk tiap negara yang hendak memberangkatkan jamaahnya. Kuota haji Indonesia sendiri pada 2017 lalu mencapai 221.000 jamaah dan selalu penuh tiap tahunnya.

 

4. Nomor Pendaftaran

 

Nomor urut pendaftaran ini akan menentukan kapan kita bisa berangkat dan menunaikan ibadah haji. Nomor pendaftaran akan diterbitkan Kemenag dan hanya bisa digunakan oleh orang yang bersangkutan, alias nggak bisa dialihkan ke orang lain. Calon jamaah haji yang mendapat nomor pendaftaran akan masuk dalam daftar tunggu dan menunggu keberangkatn sesuai kuota yang tersedia.

 

Itu dia beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum kita membuka tabungan haji. Biaya haji yang relatif tinggi akan terasa mudah apabila kita menabung sedikit demi sedikit untuk mewujudkannya. Yang terpenting adalah niat dalam menjalankan ibadah dan memenuhi panggilan Allah, serta terus berusaha untuk mewujudkannya.

 

 

 

Oleh: Wahyu Tri Utami

1
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *