Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

PENUH MAKNA, INILAH KISAH-KISAH DI PADANG ARAFAH

1 min read

PENUH MAKNA, INILAH KISAH-KISAH DI PADANG ARAFAH

Tentang Padang Arafah yang menjadi tempat berkumpulnya jamaah haji untuk melaksanakan ibadah wukuf pasti sudah bukan pengetahuan baru lagi, terutama bagi kamu yang akan berangkat haji. Tapi, tahukah kamu kalau Padang Arafah juga menjadi tempat terjadinya kisah nabi-nabi yang kita imani, yaitu Nabi Adam dan Nabi Ibrahim? Inilah kisah-kisah di Padang Arafah yang penuh makna!

 

Kisah pertama datang dari Nabi Adam, tentu juga nggak lepas dari kisah beliau dengan Hawa. Padang Arafah menjadi tempat keduanya dipertemukan kembali oleh Allah SWT setelah sekian lama terpisahkan. Kamu pasti tahu bagaimana kisah sedih keduanya kan? Karena melanggar larangan Allah di surga, keduanya diturunkan ke bumi. Bukan cuma dturunkan ke bumi saja, namun juga dipisahkan satu sama lain. Setelah beratus-ratus tahun saling mencari, akhirnya di Padang Arafah-lah keduanya dipertemukan. Tentu pertemuan ini bukan cuma sekedar pertemuan. Pada hari itu, Adam dan Hawa telah mengetahui (’arafa) dosanya. Juga telah mengetahui bagaimana caranya bertaubat.

 

Kisah-kisah di Padang Arafah lainnya dialami oleh Nabi Ibrahim dan keluarganya. Nabi Ibrahim mendapatkan cobaan dari Allah SWT. Meski beliau sudah berpuluh-puluh tahun menikah, tapi tak juga dikaruniai buah hati. Karena keinginan kuatnya untuk memiliki seorang anak, beliau mengatakan, seandainya dikaruniai anak, beliau siap menjadikan anak tersebut sebagai kurban untuk Allah. Ternyata, setelah sekian lama menunggu, akhirnya Nabi Ibrahim dikaruniai anak yang dinamainya Ismail. Namun, setelah itu Nabi Ibrahim mendapatkan sebuah mimpi yaitu menyembelih anaknya.

 

Nah, di Padang Arafah-lah Nabi Ibrahim merenung dan memikirkan mimpi itu, yaitu pada 8 Dzulhijah. Masih ragu pada mimpi yang diperolehnya, Nabi Ibrahim tidak langsung melaksanakan mimpi itu. Kemudian barulah setelah mendapatkan mimpi yang kedua pada 9 Dzulhijah, Nabi Ibrahim melaksanakan mimpinya pada keesokan harinya yaitu tanggal 10 Dzulhijah. Dalam mimpinya, beliau diingatkan oleh malaikat dengan perintah yang sama yaitu menyembelih putranya. Jadi, di Padang Arafah inilah Nabi Ibrahim mendapatkan pengetahuan tentang makna mimpi itu dan apa yang seharusnya dilakukannya.

 

Apa makna dari kisah-kisah di Padang Arafah di atas? Yap, keduanya menyiratkan bahwa Padang Arafah adalah tempat diperolehnya pengetahuan. Kata Arafah sendiri memiliki arti pengetahuan lho. Memang saat terjadi kisah-kisah itu, Padang Arafah belum punya nama. Sebuah padang yang menyimpan kisah-kisah penuh makna itu akhirnya dinamai sesuai dengan apa yang terjadi di sana. Ungkapan “Apalah Arti Sebuah Nama” nggak berlaku ya buat Padang Arafah.

 

 

 

image: VOA Indonesia

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *