Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

PENTINGNYA MEMBERSIHKAN HARTA SEBELUM PERGI HAJI

1 min read

PENTINGNYA MEMBERSIHKAN HARTA SEBELUM PERGI HAJI

Menjalankan ibadah haji dan umroh tentu jadi impian setiap muslim di seluruh dunia. Tentunya selain membutuhkan fisik dan mental yang kuat, mempersiapkan materi seperti tabungan haji juga jadi penting banget. Tak melulu yang bergelimang harta, ada juga seseorang yang atas izin Allah mendapatkan kesempatan untuk pergi haji tanpa bersusah payah mengumpulkan harta.

Ngomong-ngomong soal harta, tahukah kamu hukum harta ini terbagi menjadi tiga macam?

Harta Halal: yaitu harta yang diperoleh dengan cara yang diperbolehkan oleh syariat Islam, seperti jual beli tanpa riba atau penipuan, bekerja tanpa korupsi dan mencuri serta lain sebagainya. Dan bisa juga harta halal ini berasal dari pemberian seseorang sebagai hadiah

Harta Haram: yaitu harta yang diperoleh dengan cara yang dilarang seperti mencuri, merampok, membegal, korupsi, menipu dan sesuatu yang perolehannya merugikan orang lain serta dilarang dalam agama.

Harta Syubhat: yaitu harta yang bercampur antara halal dan haram atau harta yang diperoleh namun meragukan kehalalannya. Maka harta syubhat ini sebagian ulama menghukumi makruh dan sebagian lainnya menghukumi haram.

Untuk lebih berhati-hati, sebaiknya uang yang akan dipakai untuk melaksanakan ibadah haji adalah uang yang diperoleh dengan cara yang halal. Begitu juga calon jamaah Haji sebaiknya bisa mensucikan harta haram dan harta syubhat sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Syaikh Ibnu Qayyim seorang ulama madzhab Hanbali dalam kitab Zaadul Ma'ad, beliau menjelaskan secara garis besar, cara menyucikan harta haram sebagai berikut:

Bertaubat

Seorang yang ingin mensucikan harta haram dan syubhat hendaknya bertaubat kepada Allah, yaitu berjanji tidak akan mengulanginya kembali, menyesali apa yang diperbuat dan berusaha memulai dengan mendapatkan harta secara halal sekalipun sedikit.

Bersedekah

Sedekah merupakan suatu cara yang diberikan oleh Syaikh Ibnu Al qoyyim untuk membersihkan harta yang ada pada kita, dengan sedekah yang dilakukan secara rutin maka berangsur angsur, harta haram dan harta syubhat yang ada pada seseorang akan hilang.

Mengembalikan Harta kepada Pemiliknya

Untuk membersihkan harta yang ada pada kita, bisa juga mengembalikan harta tersebut dari orang yang telah kita ambil. Walaupun tidak disyaratkan untuk memberitahukannya.

2
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *