PENTINGNYA MANASIK UMROH

1 min read

PENTINGNYA MANASIK UMROH

Setiap kita mendaftarkan diri untuk menjadi calon jamaah Umroh, biasanya pihak travel memberikan jadual manasik calon peserta Umroh, tujuannya agar jamaah umroh tidak kebingungan saat melaksanakan ibadah di tanah suci, sebab tidak sedikit jamaah Umroh kebingungan dan tidak tau apa yang dilakukan saat berada disana. Sayang kan jika kesempatan ibadah Umroh jadi sia sia Cuma karena kita tidak punya bekal ilmu yang cukup

 

Ibadah Umroh sama halnya seperti ibadah lainnya dalam islam, perlu ilmu untuk melaksanakannya. Karena Allah itu tidak disembah dengan kebodohan, maksudnya ibadah haruslah disertai dengan ilmu agar bisa mendatangkan manfaat buat yang melaksanakannya, sebab jika Umroh kita diterima Allah maka akan terasa perubahan dalam sikap dan tingkah laku kita kedepan.

 

Mempelajari ilmu tentang Umroh akan membuat kita semakin mantap dan yakin serta khusyu sehingga kualitas ibadah tersebut bernilai tinggi dihadapan Allah. Karena yang dilihat Allah itu bukan berapa banyaknya ibadah yang kita kerjakan namun kualitas dari ibadah tersebut. Semakin tinggi kualitas ibadah yang kita kerjakan maka semakin tinggi nilainya dihadapan Allah.

 

Maka jika pihak travel mengadakan acara manasik, usahakan agar kita bisa datang dan mengikuti dengan seksama. Jika kita belum mendapatkan keterangan yang maksimal, cobalah mendatangkan ustadz atau tokoh agama yang memiliki disiplin ilmu fiqh tentang Umroh. Sehingga saat melaksanakan Umroh kita benar benar sesuai dengan hukum dan tuntunan.

 

Umumnya penyelenggara Umroh hanya 1x mengadakan manasik bagi calon peserta Umroh, sebenarnya ini kurang, apalagi bagi calon jamaah yang awam sekali atau yang tidak bisa membaca Al quran, pastinya ini akan jadi masalah besar. Memang ideal nya sih pihak travel semestinya membuka manasik khusus untuk orang yang awam dan tidak bisa baca Al quran. Tapi lagi lagi dengan alasan bisnis tentu mereka tidak akan mau membuka kelas khusus yang kita inginkan.

 

Maka ada beberapa cara jika memang kita buta sekali tentang agama apalagi tentang umroh yaitu :

  1. Panggil ustadz kerumah untuk mengajarkan dan menerangkan hukum hukum yang berkaitan dengan Umroh tapi tentunya kita harus merogoh kantong untuk memberi uang bensin buat ustadz tersebut.
  2. Mendownload aplikasi labbaik di bb atau android, jadi kita bisa belajar dan mengikuti bacaan bacaan Thawaf, Sai dan lain lain. Ini cara yang paling praktis dan paling mudah karena setiap bacaan disertai dengan terjemahannya
  3. Tanpa cara pertama dan kedua, langsung berangkat umroh, tapi disana nempel sama Muthowif terus, supaya bisa ngikutin bacaan Muthowif saat Thowaf dan Sai. Resiko cara ketiga ini yaitu pas kita terpisah dari rombongan karena tabrakan dengan jamaah negara lain yang posturnya lebih tinggi dan besar dari kita sehingga kita terpisah dari Muthowif dan rombongan. Tidak bisa dibayangkan jika kejadian itu menimpa kita. Akan terasa gelap dunia ini karena kebingungan.

 

Sekali lagi, memang manasik itu sangat penting bagi kita, walaupun kita sudah pernah melaksanakan Umroh, tapi namanya manusia tentu tidak luput dari sifat lupa, maka manasik ini bisa mengingatkan kita kembali dan menambah wawasan kita tentang Ibadah Umroh. Selain itu dengan hadirnya kita di acara manasik kita jadi mengenal teman teman se travel yang berangkat bersama sama kita, shilaturohim jadi baik dan kita bisa mengenal lebih dekat dengan pembimbing kita selama disana. Mungkin banyak lagi manfaat yang kita bisa dapat dengan kehadiran kita di acara tersebut.

41
amandameta