Salsabila A a wanderer and a writer

PEMBUATAN PASPOR DITOLAK KANTOR IMIGRASI? INI SEBABNYA

1 min read

PEMBUATAN PASPOR DITOLAK KANTOR IMIGRASI? INI SEBABNYA

Permohonan pembuatan paspor sebenarnya ngga terlalu susah, asalkan kamu mengikuti syarat dan ketentuan dari kantor imigrasi dengan baik dan benar. Namun, ada kalanya permohonan tersebut ditolak karena ada beberapa hal kecil yang luput dari perhatian. Nah, beberapa hal ini perlu kamu pahami supaya ngga mengalami penolakan ketika mengajukan pembuatan paspor.

 

1. Berkas Administrasi Kurang Lengkap

 

Kelengkapan berkas untuk administrasi jadi syarat wajib dan utama ketika mengajukan permohonan pembuatan paspor. Jangan coba-coba datang ke kantor imigrasi kalau masih ada dokumen yang belum lengkap. Berkas yang dibutuhkan antara lain yaitu Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Ijazah atau Surat Nikah. Sedangkan membuat paspor untuk anak-anak, dibutuhkan Akta Kelahiran dan KTP orang tua. Kalau ingin membuat paspor untuk pergi ke tanah suci, syarat administrasi ditambah dengan Surat Pengantar dari travel umrah dan Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama wilayah untuk pembuatan paspor.

 

Ngga cuma lengkap, tapi dokumen tersebut juga harus benar. Terkadang dokumen yang lengkap saja masih ada kemungkinan ditolak karena ada data yang berbeda dengan aslinya. Misalnya saja, nama yang tercantum di Akta Kelahiran ngga sama dengan di KTP. Kalau begini, kamu harus mengurusnya terlebih dahulu di kantor kecamatan untuk minta surat keterangan terkait perbedaan data sebelum pergi ke kantor imigrasi. 

 

2. Menganggap Sepele Proses Wawancara

 

Setelah mengurus dokumen, prosedur selanjutnya yang harus dilewati adalah wawancara. Biasanya, pertanyaan yang paling umum yaitu negara tujuan dan urusan apa yang dilakukan di sana. Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang sudah pernah mengurus paspor, ada tips agar urusan wawancara ini jadi lebih mudah. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban ingin berlibur dan sebagai turis, kecuali kalau permohonan pembuatan paspor ditujukan untuk pergi ke tanah suci dan melaksanakan ibadah haji atau umrah.

 

Meski pertanyaan yang diajukan terdengar gampang banget, kamu ngga boleh menganggap sepele. Pasalnya, kalau sampai salah menjawab negara yang ingin dituju dan ngga yakin dengan perjalanan itu sendiri, permohonan pembuatan paspormu ngga akan diterima. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan ngga akan bisa dikembalikan dan tentunya kamu harus mendaftar ulang lagi dari awal. Kalau hal tersebut sampai terjadi, pasti bakal membuang uang dan waktu. Oleh karena itu, siapkan diri dengan baik sebelum melakukan wawancara. Ngga perlu belajar tiga hari tiga malem juga, cukup jawab dengan jujur dan masuk akal. 

 

3. Tidak Memperhatikan Penampilan

 

Faktor penampilan juga diperhatikan oleh pihak imigrasi, lho. Permohonan pembuatan paspor milikmu mungkin ngga akan ditolak, tapi bisa jadi kamu akan disuruh pulang ke rumah untuk berganti pakaian jadi lebih rapi, seperti kemeja misalnya. Ngga mau juga kan foto dirimu yang terpampang di paspor terlihat jelek? 

 

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat passport. Ngga susah kan? Yang penting, ikuti persyaratan yang diharuskan, passport kamu bakal cepet selesai kok. 

 

 

Oleh: Desi Wulandari

2
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *