PASAR KURMA TEMPAT FAVORIT PEZIARAH INDONESIA

1 min read

PASAR KURMA TEMPAT FAVORIT PEZIARAH INDONESIA

Salah satu oleh oleh yang paling ngetop dari negeri padang pasir adalah Air Zamzam dan Kurma, kurma merupakan jenis buah buahan yang paling banyak tumbuh di negeri panas dan padang pasir. Entah mengapa kurma ini memiliki khasiat yang luar biasa, selain untuk mengenyangkan perut, terutama kurma Ajwa bisa mengobati pengaruh sihir dan racun sebagaimana di ungkapkan dalam sebuah hadist

 

“Barangsiapa di saat pagi hari memakan tujuh butir Kurma Ajwa maka pada hari itu tidak akan terkena sihir dan racun”

 

Di Madinah kurma jenis Ajwa ini harganya memang cukup mahal yaitu sekitar 60-80 Riyal Saudi per kilonya. Karena kurma jenis ini banyak dinikmati oleh jamaah dan penduduk setempat. Sedangkan kurma jenis Ambhar dijual dengan harga 30-40 Riyal Saudi per kilonya. Oleh karena itu pedagang kurma tidak menyediakan tester untuk kedua jenis kurma ini sebab harganya yang mahal tersebut. Kecuali memang kita niat dan bersungguh sungguh untuk membelinya maka kita akan diperkenankan untuk mencicipi satu atau dua butir kurma yang terkenal ini.

 

Kurma Ajwa ini banyak didapati di daerah pasar kurma yang dibangun oleh Kerajaan Saudi khusus untuk jamaah asal Indonesia, letak pasar kurma ini berada disebelah selatan Masjid Nabawi. Disana para pedagang kurma berkumpul dalam suatu area dengan menjual beraneka macam kurma, mulai dari kurma yang didalamnya terdapat coklat, sampai kue kue kurma pun ada disana. Jamaah dari Indonesia tak perlu kuatir dalam bertransaksi di pasar ini, hampir semua pedagang sudah fasih dengan bahasa Indonesia tentu saja kosa katanya terbatas untuk pembicaraan berdagang saja. Ada tiga jenis kurma Madinah yang terkenal yaitu kurma Ajwa, Ambhar, dan Safawi. Diantara kurma-kurma itu  kurma ajwa  yang paling baik. Kurma ini berkulit agak keriput tentu saja rasanya lebih manis dan enak dibanding kurma yang lain.

 

Madinah adalah tempat perdagangan kurma yang paling murah dibanding kota lainnya di Saudi Arabia, selisih harganya lumayan jauh dengan kurma yang dijual di Makkah atau Jeddah, sebagai oleh oleh pun kurma ini sangat istimewa sebab kandungan yang berada didalam kurma sangat luar biasa dibanding buah lainnya, diantaranya kurma ini juga bermanfaat untuk membersihkan darah dan memperbaiki pencernaan lambung.

 

Disana juga ada kurma muda yang memiliki khasiat besar khususnya untuk pasangan suami istri diantara khasiat kurma muda adalah mengatasi kemandulan bagi suami istri, menyuburkan & menguatkan kandungan, mengentalkan dan menambah jumlah sperma laki-laki, menambah hormon laki-laki, menambah keharmonisan pasutri dan lain lain.

 

Menurut penelitian, buah kurma muda memiliki kandungan hormon Bitosin. Hormon ini berperan khusus untuk kerja gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim, sehingga kurma dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya perdarahan rahim. Buah kurma juga mengandung hormon yang mirip hormon Oksitosin, yakni hormon yang dihasilkan oleh neurohipofisa. Hormon tersebut bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran.

 

Jika kita mau membeli buah kurma dengan jumlah besar tentu tidak akan bisa kita bawa lewat pesawat bersama kita, tapi kirimlah lewat kargo atau jasa pengiriman yang ada di kota Madinah, selain tidak berat membawanya dan kita bisa membeli oleh oleh lainnya. Namun ada kurangnya sih, keterlambatan pengiriman nanti akan membuat kita terganggu untuk menerangkan pada tamu tamu yang menjenguk kepulangan haji dan umroh kita, maka mintalah kepada Muthowif atau pembimbing kita disana agar mencari agen pengiriman yang terkenal dan handal agar oleh oleh bisa sampai ke rumah kita minimal bersamaan dengan kedatangan kita ke tanah air.

11
amandameta