Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

PAHALA MENANTI ORANG BERHAJI, YUK LEBIH SEMANGAT PERSIAPKAN DIRI

1 min read

PAHALA MENANTI ORANG BERHAJI, YUK LEBIH SEMANGAT PERSIAPKAN DIRI

Mempersiapkan diri untuk bisa pergi haji memang bukan hal yang mudah dilakukan. Orang yang sudah persiapkan mental dan pengetahuan bisa saja kurang siap keuangannya. Orang yang sudah siap keuangan bisa saja belum siap mental, dan sebagainya. Tapi, jangan pernah putus asa dan berhenti berusaha ya, karena pahala menanti orang berhaji. Yap, para calon jamaah haji sudah dinanti-nanti oleh pahala-pahala nih.

Memang pahala menanti orang berhaji. Kira-kira tahu nggak nih kenapa? Selain tentunya karena haji adalah ibadah wajib bagi umat islam, juga karena Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang merupakan tempat kita berhaji adalah tempat yang mulia. Ibadah apapun yang kita lakukan di Masjidil Haram akan dilipatgandakan.

Sholat yang merupakan ibadah wajib pun pahalannya akan dilipatgandakan 100.000 kali di Masjidil Haram. Sementara di sholat di Masjid Nabawi dilipatgandakan 1000 kali. Dari Hadist Riwayat Ahmad 3/343, “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik 1000 shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih baik 100.000 shalat di masjid lainnya”. Sanad hadist ini dikatakan shahih oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth.

Itu baru sekali sholat, padahal sehari kita menunaikan 5 kali sholat wajib. Belum lagi kalau kita melaksanakan sholat sunnah dan ibadah sunnah lainnya. Dalam sehari, sebanyak apa pahala yang bisa kita dapatkan? Itu baru sehari ya, padahal berhaji kan sampai sebulan bahkan lebih. Jadi, pahala yang luar biasa memang sudah menanti kita di Tanah Suci. Tinggal kita mau menjemputnya atau nggak. Pasti mau dong?

Alangkah baiknya kita termotivasi untuk pergi haji semata untuk beribadah kepada Allah, ikhlas tanpa mengharapkan apapun termasuk pahala sekalipun. Biarlah banyak pahala menjadi urusan Allah SWT. Tapi, kalau memang sekarang membayangkan banyaknya pahala menanti orang berhaji bisa memotivasi kita untuk lebih semangat mempersiapkan diri juga nggak ada salahnya kok.

Selain bersemangat mempersiapkan diri dari berbagai hal seperti keuangan, fisik, mental, serta pengetahuan, kita juga harus ingat untuk bersemangat saat di Tanah Suci. Pergi ke Tanah Suci yang sudah kita perjuangkan jangan sampai kita sia-siakan. Maksimalkan ibadah kita di sana. Jangan lupa istirahat cukup, tapi juga jangan terlalu banyak bersantai karena lebih baik dimanfaatkan untuk menunaikan ibadah-ibadah sunnah untuk menjemput banyaknya pahala menanti orang haji.

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *