Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

OLEH-OLEH UMROH? KE TOKO SERBA 2 RIYAL DI MEKAH AJA

1 min read

OLEH-OLEH UMROH? KE TOKO SERBA 2 RIYAL DI MEKAH AJA

Sudah jadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat kita untuk minta oleh-oleh pada mereka yang hendak bepergian jauh. Pergi ke luar kota saja ngga boleh lupa pulangnya harus beliin kaos buat keponakan, apalagi pergi umroh atau haji ke Tanah Suci. Sudah pasti segambreng barang wajib dibawa pulang sebagai cinderamata. Terbayang dong berapa riyal melayang demi buah tangan untuk orang-orang tersayang.

 

Membeli oleh-oleh saat berada di Mekkah nyatanya ngga harus merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya, di kota Mekkah bisa dengan mudah dijumpai toko serba 2 riyal. Iya, semua barang di sini dijual dengan banderol 2 riyal saja atau kira-kira Rp5.000 per item! Murah meriah, bukan?

 

Toko seperti ini tepatnya akan kita temukan di kawasan Misfalah, Mekkah. Tempat jualannya sudah ditenggat waktu sehingga para penjual harus harus berpindah tempat saat tenggat waktunya habis. Kalau sampai barang dagangan masih tersisa, otomatis pemilik toko harus mengeluarkan kocek guna menyewa mobil buat menampung sisa-sisa dagangan saat pindah lokasi. Makanya, barang-barang yang ada diobral biar laris. Yang penting barang dagangan ludes dan balik modal, itulah yang dilakukan para pedagang di sini.

 

Ngga heran kalau toko serba 2 riyal ini jadi incaran jamaah yang hendak pergi atau pulang dari Masjidil Haram. Ada yang sekedar lihat-lihat, tapi ada juga yang kembali ke hotel bawa tas-tas belanjaan. Kalau ada yang disuka, cukup rogoh kocek 2 riyal saja, langsung bungkus! Bukan hanya murah, aneka makanan yang dijual juga dijamin halal.

 

Kalau sudah begini, jangan hitung lagi berapa banyak orang yang menyemut di kawasan Misfalah. Bahkan, hal ini jadi keistimewaan tersendiri di Mekkah dan Madinah, di mana apapun barang dagangan yang ditawarkan pasti laku keras. Apalagi ditambah iming-iming diskon besar. Makin besar diskonnya, makin besar kerumunannya.

 

Toko-toko ini sendiri terlihat sederhana. Salah satunya ada di depan Hotel Al Firdaus, sebuah toko pakaian yang hanya diterangi lampu emergency. Harga per meter kain yang dijual hanya 2 riyal, atau sekitar Rp5.000. Pembelinya? Jangan ditanya! Membludak dan bikin pegawai toko kewalahan! Kualitas kainnya sendiri bermerk dan bolehlah diadu walau harganya cuma lima ribuan.

 

Adanya toko serba 2 riyal tentu jadi penyelamat buat jamaah haji maupun umroh yang dititipi seabrek oleh-oleh dari keluarga di kampung. Kantong tetap aman walau belanjaan segudang. Eh, tapi yang nitip oleh-oleh itu, nitip duit juga buat beli, kan?

 

3
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *