NENEK SRIATIN, CALON HAJI TERTUA DARI INDONESIA

1 min read

NENEK SRIATIN, CALON HAJI TERTUA DARI INDONESIA

Jamaah Haji gelombang pertama sudah mulai diberangkatkan mulai tanggal 9 Agustus 2016, para calon tamu Allah yang sudah masuk daftar berangkat pada tahun ini pun sudah mulai mempersiapkan diri untuk menanti tanggal keberangkatan mereka. Semangat mereka yang begitu tinggi untuk menjadi tamu Allah nampaknya telah tertanam di dalam hati sanubari terdalam.

 

Sekalipun di Tanah Suci sana cuaca sangat panas karena diperkirakan saat puncak Haji akan berada di kisaran 50 derajat celcius, namun jamaah Haji tidak pernah gentar untuk menghadapinya. Bahkan amal ibadah yang terberat akan mereka kerjakan hanya untuk meraih keridhoan Allah Swt. Masalah usia nampaknya tidak juga menghalangi calon jamaah Haji untuk berangkat ke Tanah Suci, dan inilah yang terjadi pada calon jamaah Haji tertua asal Indonesia yaitu Nenek Sriatin yang berusia 93 tahun, menjadi jamaah haji tertua dari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Warga Desa Ketemas Dungus, Kecamatan Puri, Mojokerto ini menabung puluhan tahun dari hasil bertani agar bisa berangkat ke Tanah Suci. Keceriaan nampak di raut Nenek Sriatin saat dipastikan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini oleh Kemenag Kabupaten Mojokerto. Semangatnya yang begitu tinggi untuk sampai ke Tanah Suci patut menjadi tauladan bagi umat Islam muda yang masih enggan melaksanakan ibadah Haji.

 

Untuk berangkat ibadah haji, Nenek Sriatin mendaftar haji pada tahun 2012 melalui Program Haji Lansia Kemenag Kabupaten Mojokerto. Berbekal uang simpanan hasil panen selama lebih dari sepuluh tahun, Sriatin dapat melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH). Menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, dia terus menjaga kesehatan serta kebugaran fisiknya dengan berolahraga seperti jalan pagi dan membersihkan pekarangan rumah. Meski tak lagi muda, Sriatin nampak energik dan hanya terganggu pada pendengarannya. Jamaah Haji tertua asal Indonesia ini tergabung dalam Kloter 35 Embarkasi Juanda Surabaya. Di kloter itu juga ada anak dan menantu yang akan mendampingi Sriatin.

3
dennistutuko