Desi Wulandari Buruh teks serabutan

NAMA LAIN KABAH YANG DISEBUTKAN DALAM AL-QURAN

1 min read

NAMA LAIN KABAH YANG DISEBUTKAN DALAM AL-QURAN

Kabah sebagai kiblat dari seluruh umat muslim dari seluruh penjuru dunia ternyata punya sebutan yang berbeda dan menyesuaikan dengan kondisi serta zamannya pada saat itu. Nama lain Kabah ini tercantum dalam beberapa ayat yang ada di dalam Al-Quran, yang artinya nama tersebut diberikan secara langsung oleh Allah SWT melalui firman-Nya

 

  1. Kabah

 

Sebutan ini jadi yang paling familiar buat kalangan umat muslim di manapun. Nama Kabah punya arti persegi empat, sama persis seperti bentuk aslinya yang berbentuk kubus. Nama ini juga digunakan oleh masyarakat Arab Saudi untuk menyebut rumah-rumah yang berbentuk persegi lho. Kata Kabah tercantum dalam Al-Quran surat Al Maidah ayat 97, yang artinya “Allah telah menjadikan Kabah sebagai rumah suci itu sebagai pusat dari peribadatan dan juga urusan dunia bagi seluruh umat manusia”.

 

  1. Baitullah

 

Baitullah adalah nama lain Kabah yang juga cukup populer bagi umat muslim di dunia, artinya Rumah Allah. Nama ini disebutkan dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 125, yang artinya “Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail; ‘Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang yang Thawaf, yang Iktikaf, yang Rukuk, dan yang Sujud’”.

 

  1. Al Bait

 

Al Bait memiliki arti rumah, maksudnya yaitu Kabah adalah rumah Allah SWT yang pertama kali dibangun di Bumi sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT. Al Bait disebutkan dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 96, yang artinya “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk tempat beribadah umat manusia adalah Baitullah yang ada di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”. Nama Al Bait juga disebutkan dalam hadis, yang menjelaskan ketika Nabi Muhammad SAW ditanya masjid mana yang pertama kali dibangun, beliau menjawab Masjidil Haram  dan saat ditanya lagi untuk yang kedua kalinya, beliau menjawab Masjidil Aqsa.

 

  1. Al Bait Al ‘Atiq

 

Nama lain Kabah yang disebut dalam Al-Quran yaitu Al Bait Al ‘Atik dengan arti rumah yang bebas. Bebas yang dimaksud di sini adalah Allah SWT menjaga rumah-Nya bebas dari bencana dan bahaya, misalnya bencana alam atau banjir karena Allah sangat menjaga Kabah. Selain itu, bebas juga berarti ngga ada satu orang pun yang berhak menganggap Kabah adalah miliknya. Al ‘Atiq sendiri berarti Allah membebaskan orang dari azab-Nya. Kata Al Bait Al ‘Atiq disebutkan dalam surat Al Hajj yang artinya “Hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka melakukan Thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah)”.

2
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *