sabila ainur a wanderer and a writer

MUTRAH MUSCAT, PASAR TRADISIONAL TERPOPULER DI OMAN

1 min read

MUTRAH MUSCAT, PASAR TRADISIONAL TERPOPULER DI OMAN

Identik dengan suasana yang gersang dan cuaca yang ekstrem, tanah Arab nyatanya punya banyak pesona eksotis bak oase di berbagai sudutnya. Salah satunya adalah Oman. Sebagai tempat yang banyak dipilih biro perjalanan untuk destinasi umroh plus, Oman memang punya banyak keunikan yang menarik di mata para turis muslim yang datang dari berbagai penjuru dunia. 

 

Salah satu tempat di Oman yang unik dan wajib untuk kamu kunjungi ketika berada di kota ini adalah Pasar Mutrah Muscat, pasar tradisional tertua yang ada di tanah Arab. Dulu, pasar Mutrah Muscat adalah tempat berniaga yang sangat padat. Seiring berjalanannya waktu, pasar ini masih tetap ramai dan dijadikan sebagai destinasi wisatawan yang singgah ke Muscat. Dari pedagang buah, rempah-rempah, perhiasan, tembikar, hingga berbagai kerajinan lainnya dapat ditemui di pasar Mutrah Muscat ini.

 

Dulunya, Mutrah Oman hanya terdiri dari lorong-lorong sempit dengan jajaran pohon palem di beberapa sudutnya. Sekarang, Mutrah Oman sudah dibuat dengan arsitektur yang khas bernuansa Arab kontemporer. Ketika menjelajahi Mutrah Oman, pengunjung akan dimanjakan dengan aroma-aroma parfum yang khas dan segar, hingga aroma rempah-rempahnya. Ada juga beberapa kios yang di dekorasi dengan sentuhan emas, sehingga makin mentereng di antara kios lainnya. Cocok banget pastinya buat dijadiin spot foto instagramable.

 

Tak perlu khawatir soal biaya, karena untuk bisa berkeliling menikmati nuansa pasar khas Arab ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi bagi yang minim budget memang mau ngga mau harus siap untuk menahan diri untuk tidak belanja, karena di sana ada banyak souvenir unik sampai makanan lezat yang tentunya akan semakin menggoda mata dan lidah kamu. Ingin coba tawar menawar macem ibu-ibu di pasar Tanah Abang? Bisa juga kok. Selama kita menawar dengan harga yang masuk akal, pedagang Arab juga masih bisa nrimo.

 

Tertarik untuk berkunjung ke Mutrah Muscat? Boleh banget. Pasar Arab ini buka dua kali dalam sehari, yakni dari pagi hingga siang hari, kemudian di sore hari buka lagi sampai malam. Jadwal ini tidak berlaku di hari Jumat, soalnya di hari Jumat Mutrah hanya buka di sore hari saja.

 

sumber gambar: https://thegate.boardingarea.com/

1
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer