Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MUSUH ORANG YANG BERUMROH YANG HARUS DIHINDARI

1 min read

MUSUH ORANG YANG BERUMROH YANG HARUS DIHINDARI

Di kehidupan sehari-hari, pasti ada saja godaan yang berusaha memecah fokus ketika sedang bekerja ataupun mengganggu kekhusyukan dalam beribadah. Termasuk dalam melaksanakan ibadah umroh di tanah suci, terkadang hal-hal yang terlihat sepele bisa menjadi musuh orang yang berumroh. Gangguan tersebut bisa datang dari dalam diri sendiri maupun faktor dari luar.

Rasa Malas

Bukan cuma dalam melaksanakan ibadah umroh, rasa malas juga sepertinya jadi musuh utama dalam setiap pekerjaan di kehidupan sehari-hari. Sifat yang satu ini bisa merugikan banget, terutama dalam masalah waktu. Misalnya saja ada jemaah umroh yang lebih memilih untuk tidur-tiduran di hotel daripada melakukan iktikaf di masjid karena malas. Selain nggak bisa memanfaatkan waktu dengan baik selama di tanah suci, ibadah umroh juga nggak akan membawa keberkahan karena nggak maksimal ketika beribadah.

Handphone

Musuh orang yang berumroh selanjutnya adalah benda yang saat ini pasti hampir semua orang memilikinya. Mengecek e-mail kerjaan dari kantor, membalas chat dari kerabat, sampai update setiap foto di tanah suci ke media sosial secara berkala bisa mengganggu kekhusyukan ibadah umroh. Pakailah handphone seperlunya saja ketika sedang ada waktu luang, misalnya untuk mengabari keluarga di rumah. Selebihnya, pastikan handphone dalam keadaan silent supaya nggak mengganggu di sela-sela kegiatan ibadah umroh.

Emosi

Melaksanakan ibadah umroh ketika sedang musim haji menjadi ujian tersendiri karena pastinya jumlah jemaah yang datang ke Mekah akan lebih banyak. Resiko berdesak-desakan, terdorong ke sana sini, sampai kesal dengan jemaah lain pasti dialami dan bisa menguras emosi. Kalau kamu nggak bisa bersabar dan menahan emosi, ibadah umrohmu pasti bakal terganggu karena sibuk marah-marah dengan orang lain atau keadaan yang nggak menyenangkan. Solusinya yaitu perbanyak beristighfar supaya diberikan kesabaran dan bisa mengontrol emosi.

Belanja Oleh-oleh

Nah, kegiatan yang satu ini pasti nggak boleh terlewat. Yap, membeli bermacam-macam barang atau makanan, baik untuk diri sendiri maupun oleh-oleh keluarga di tanah air. Namun, jemaah harus hati-hati, siapa tahu niat pergi ke tanah suci malah jadi terfokus dan lebih bersemangat untuk berbelanja ketimbang ibadah umroh itu sendiri. Hal sekecil ini saja bisa jadi musuh orang yang berumroh karena ditakutkan tujuan dan niat untuk ibadah umroh ternyata nggak lagi menjadi prioritas.

5
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *