Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MUSEUM YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI TANAH SUCI

1 min read

MUSEUM YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI TANAH SUCI

Ketika punya kesempatan pergi ke tanah suci untuk melangsungkan ibadah haji, manfaatkan waktu yang tersisa setelah menyelesaikan semua rangkaian ibadah untuk pergi ke tempat-tempat bersejarah. Salah satunya yaitu museum. Museum di tanah suci pastinya berbeda dengan museum yang pernah kita lihat di tanah air. Berikut beberapa museum yang wajib didatangi:
 

  1. Museum Asmaul Husna atau The Beautiful Names of Allah Exhibition. Sesuai dengan namanya, di museum ini kita akan mengetahui dan mempelajari 99 nama-nama Allah atau Asmaul Husna yang ditempel di  dinding museum beserta arti dan penjelasannya. Ngga perlu khawatir ngga mengerti artinya karena ada pemandu wisata yang bisa berbahasa Indonesia. Biasanya mereka adalah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Arab Saudi. Museum di tanah suci ini juga menampilkan replika alam raya dan informasi mengenai fenomena alam seperti gunung meletus dan tsunami yang menunjukkan kuasa Allah. Letaknya ngga jauh dari Masjid Nabawi dan ngga dipungut biaya untuk bisa masuk ke sana.
     
  2. Museum Arsitektur Dua Masjid Suci atau Exhibition of Two Mosques Architecture. Museum di tanah suci kali ini menampilkan beragam hal yang berhubungan dengan arsitektur dan Kakbah. Di sini kita bisa melihat tangga Kakbah yang dibuat dari kayu Saaj dan digunakan sekitar tahun 1240 Hijriah. Adapula Kiswah atau selimut Kakbah yang sering kita lihat berwarna hitam beserta alat jahitnya (pemintal) yang usianya sudah bisa dipastikan mencapai ribuan tahun. Bukan cuma itu, di museum arsitektur ini juga ada ayat-ayat Al-Qur’an yang dipahat di bebatuan. Kita juga bisa melihat sumur air zam-zam yang terbuat dari besi dan dilengkapi dengan ember dan tali.
     
  3. Museum Al Madinah Al Munawarah Mariz Al Iman. Percaya atau ngga, museum yang letaknya di Madinah ini dulunya adalah toko kurma yang terletak di samping Masjid Quba. Seperti yang kita tahu, kota Madinah punya sejarah yang kuat banget dengan kehidupan para Nabi, terutama Nabi Muhammad SAW. Makanya, di museum ini kita bisa mempelajari sejarah kota Madinah dari zaman sebelum Nabi sampai saat ini. Ada banyak foto dan penjelasan situasi Madinah kala itu. Melalui museum di tanah suci ini kita juga bisa melihat maket kota Madinah yang berlatar zaman Turki Utsmani dan rencana jalur kereta api antara Madinah dan Turki.

 


sumber gambar: travel.detik.com

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *