Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MENJAGA TANGGUNG JAWAB SETELAH IBADAH HAJI

1 min read

MENJAGA TANGGUNG JAWAB SETELAH IBADAH HAJI

Menunaikan ibadah haji, ngga cuma butuh kesiapan sebelum berangkat ke tanah suci, tapi juga kesesuaian syarat dan rukun serta bagaimana perilaku kita selama di sana. Selain itu, kita juga masih punya tanggung jawab setelah ibadah haji, apakah ada perubahan ke arah positif dari dalam diri sendiri dan ibadah hajinya bisa bermanfaat bagi orang sekitar atau malah ngga ada perubahan sama sekali. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

 

Barangsiapa yang menjalankan ibadah haji karena Allah kemudian dia tidak melakukan perbuatan keji dan fasik (maksiat), maka dia akan kembali (ke rumahnya) dalam keadaan seperti pada hari dia dilahirkan oleh ibunya (yakni tanpa dosa)”.

 

Bakal disayangkan banget kalau ibadah haji yang sudah lama disiapkan dan butuh perjuangan panjang ngga meninggalkan bekas positif di kehidupan sehari-hari kita setelahnya. Tanggung jawab setelah ibadah haji ngga susah dilakukan karena kita pasti sudah terbiasa melakukan amalan-amalan baik untuk persiapan keberangkatan haji dan ketika di tanah suci. Misalnya melaksanakan salat lima waktu berjamaah di masjid, membaca dan mempelajari Al Quran, dan rajin menunaikan salat sunah. Kita bisa menjaga ketaatan tersebut dengan cara selalu mengingat Allah sudah sangat bermurah hati memberikan kita kesempatan mengunjungi tanah suci dan beribadah langsung di rumah-Nya. Oleh karenanya, kita ngga bisa menyia-nyiakan kesempatan istimewa tersebut.

 

Bukan cuma menjadi lebih baik secara vertikal, antara kamu beribadah kepada Allah SWT, perubahan tersebut juga perlu dirasakan oleh orang sekitarmu dan bisa bermanfaat kepada sesama. Menjadi panutan bagi orang lain dalam menaikkan semangat beribadah adalah salah satu tanggung jawab ibadah haji yang nyata. Tetangga atau kerabat yang melihat kita rajin beribadah dan mengamalkan nilai-nilai ibadah haji yang sudah didapat ketika di tanah suci, insya Allah juga akan mengikuti.

 

Hal lain yang bisa dilakukan kepada sesama yaitu bersedekah kepada yang membutuhkan, membantu saudara dan tetangga yang sedang kesusahan, menyebarkan sifat toleransi dalam menyikapi perbedaan, serta menjalin silaturahmi yang lebih luas. Jadi, kebaikan yang didapat setelah melakukan perjalanan ke tanah suci bukan hanya untuk diri sendiri saja tapi juga untuk orang lain. Menyelesaikan haji bukan berarti tanggung jawab kita juga sudah berhenti. Justru dimulai ketika kita sudah selesai menunaikannya, bagaimana kita bisa menerapkan nilai-nilai yang diambil ketika berhaji di tanah suci.

4
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *