Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

MENILIK KEINDAHAN MASJID NABAWI DI MADINAH

1 min read

MENILIK KEINDAHAN MASJID NABAWI DI MADINAH

Masjid Nabawi merupakan masjid yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam, persis setelah Masjid Quba. Masjid ini berlokasi di jantung kota Madinah serta jadi lokasi wajib kunjung bagi jamaah umroh dan haji atau siapapun yang datang ke Arab Saudi. Pasalnya, masjid ini adalah tempat paling suci nomor dua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah. Ada banyak keistimewaan yang dimiliki di samping keindahannya yang luar biasa. Nggak heran kalau beribadah di sini termasuk nikmat yang sangat besar.

 

Masjid Nabawi sendiri sebenarnya merupakan bekas rumah milik Nabi Muhammad pasca hijrah dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Masjid ini dulunya dibangun tanpa menggunakan atap, alasnya dari pasir dan temboknya seadanya saja. Jelas penampakan masjid ini dulu nggak seindah dan seagung sekarang. Namun seiring perkembangan zaman, pembangunan berkelanjutan terus dilakukan demi perbaikan masjid.

 

Sekarang, Masjid Nabawi berdiri megah dengan arsitektur sangat indah. Di dalamnya akan kita temukan makam Rasulullah, Umar bin Khattab dan Abu Bakar. Hal paling menonjol dari masjid ini yang langsung dapat kita lihat adalah deretan payung raksasa di halaman depannya. Apalagi kalau kita sholat subuh di sini, kita akan bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbit perlahan-lahan dan siluet payung-payung ini tampak semakin cantik. Saat matahari kian tinggi, semakin jelas kubah hijau Masjid Nabawi yang ada di atas makam Nabi Muhammad.

 

Nggak hanya keindahan arsitekturnya saja yang mengagumkan. Keistimewaan Masjid Nabawi juga ada pada taman surga yang ada di dalamnya. Jamaah akan datang dan berebut masuk dalam taman surga yang ada di antara rumah Nabi Muhammad dan mimbar. Mereka terutama berlomba-lomba memanjatkan doa di sana karena katanya sih bakal dikabulkan. Selain berdoa, sholat di Masjid Nabawi akan diganjar pahala seribu kali dibanding masjid lain, kecuali Masjidil Haram. Sholat 40 kali tanpa luput satu kali pun di sini akan menjamin kita dibebaskan dari api neraka, siksa kubur serta kemunafikan.

 

Menjadi tamu Allah di Baitullah, melaksanakan ibadah dengan hati ikhlas serta semata mengharap ridho Allah ialah salah satu kenikmatan ibadah haji. Ganjaran yang akan kita dapat nggak tanggung-tanggung, lho. Dosa-dosa akan diampuni sehingga kita bisa kembali menjadi seperti bayi yang baru lahir ke dunia. Nggak heran kalau banyak umat Islam berbondong-bondong menunaikan ibadah haji dan berlomba-lomba mendirikan sholat di Masjid Nabawi.

 

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *