Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

MENGINTIP MAKAM SITI HAWA DI KOTA TUA JEDDAH

1 min read

MENGINTIP MAKAM SITI HAWA DI KOTA TUA JEDDAH

Jeddah memang ngga termasuk kota yang wajib dikunjungi jamaah umroh atau haji. Tapi, kota ini selalu jadi salah satu tujuan wisatawan muslim. Di Jeddah, kita bisa lihat segala keindahan dan juga situs bersejarahnya. Ada banyak infrastruktur modern yang megah, ngga kalah sama kota-kota metropolitan di dunia. Salah satu situs bersejarah yang cukup unik di sini adalah makam Siti Hawa.

 

Kayak gimana sih bangunan makam ini? Ternyata sederhana banget! Bentuknya hanya menyerupai bangunan biasa tanpa atap, dikelilingi tembok kira-kira setinggi 3 meter dan lapisannya terbuat dari marmer. Luasnya sekitar tiga kali lapangan sepakbola. Bisa dibilang situs sejarah ini ngga keliatan istimewa atau menarik. Di gerbang pintu masuknya hanya ada tulisan Maqbarah Hawa yang artinya Makam Siti Hawa.

 

Walau tempat ini ngga masuk salah satu ritual dalam ibadah haji ataupun umroh, tapi tetap aja ada banyak wisatawan dan jamaah yang sempet-sempetnya dateng ke Jeddah dan nengok Maqbarah Hawa ini. Apalagi, Jeddah adalah gerbang utama menuju Mekkah. Banyak juga pengunjung yang kepo pengen tahu apa sih isi bangunan yang dikelilingi tembok tinggi itu.

 

Kalau ditelusuri dari sejarahnya, penamaan kota Jeddah sendiri diambil dari kata Jaddah yang artinya nenek. Hal ini merujuk pada Siti Hawa yang merupakan nenek moyang. Kebetulan, Siti Hawa diturunkan dan dimakamkan di kota Jeddah juga. Sampai saat ini memang belum ada kepastian terkait tempat peristirahatan terakhir dari istri Nabi Adam itu. Tapi, semua orang yang melakukan ziarah maupun penduduk sekitar udah keburu yakin kaau Maqbarah Hawa emang bener makamnya Siti Hawa. Kepalang tanggung! Tempat ini juga udah jadi tempat bersejarah sejak dulu banget.

 

Lokasi makam Siti Hawa ada di kawasan kota tua Jeddah, tepatnya di distrik Al Amariyah, di jalan Mawkib Al Iman yang ngga terlalu besar. Sayangnya, wisatawan asal Indonesia ngga pernah diberi kesempatan turun dan masuk ke dalam tembok pemakaman. Kita-kita hanya bisa nonton dari dalam bus aja. Sedih, ya?

 

Ngga perlu kecewa juga sih karena toh di kota Jeddah masih banyak situs bersejarah lain yang ngga kalah dari makam Siti Hawa. Kita bisa bebas mengeksplor kota ini ketika rangkaian ibadah umroh atau haji sudah selesai. Ingat juga kalau tujuan utama pergi ke Tanah Suci adalah ibadah, bukannya melipir jalan-jalan..

3
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *