sabila ainur a wanderer and a writer

MENGENALI FLORA DAN FAUNA YANG ENDEMIK DARI ARAB

1 min read

MENGENALI FLORA DAN FAUNA YANG ENDEMIK DARI ARAB

Pernah mendengar tentang flora endemik dari Indonesia yaitu Bunga Rafles? Atau kanguru yang merupakan fauna endemik dari Australia? Tentu setiap daerah punya flora ataupun fauna endemik yang sendiri-sendiri. Salah satunya tentu saja Arab Saudi. Meskipun menjadi tempat tujuan ribuan umat muslim untuk melaksanakan ibadah, ternyata masih ada yang belum mengetahui beberapa hewan endemik dari Arab. Kalo kamu, udah tahu belum?

 

Convolvulus Cephalopadus

Pertama terdapat flora yang diberi nama yaitu Convolvulus Cephalopadus yang merupakan tumbuhan dengan tinggi sekitar 40 cm. tanaman ini dapat kamu temukan di sekitar Al Kharj, sebuah daerah yang dekat dengan Kota Riyadh, dan dikenal dengan nama tanaman Rakham.

 

Achillea Biebersteini

Achillea Biebersteini adalah jenis tanaman yang berikutnya. Tanaman perdu ini memiliki tinggi sampai 35 cm, dan hanya tumbuh satu batang saja. Tanaman yang merupakan flora endemic Arab ini akan sering kamu jumpai di penginapan, hotel, bahkan ruangan tertentu sebagai tanaman hias yang indah. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna kuning dan tentu saja menghasilkan konsep segar di dalam ruangan.

 

Cistanche Phelypaeaa

Cistanche Phelypaeaa adalah jenis tanaman yang selanjutnya. Tentu saja karena memiliki cuaca dan iklim yang berbeda di Indonesia, tanaman yang memiliki sifat sama dengan kaktus gurun ini akan sangat mudah untuk dijumpai. Tanaman ini sangat tahan pada cuaca panas karena dapat menyimpan pasokan air di dalam batangnya. Tanaman ini memiliki mahkota warna kuning dan sedikit warna jingga pada bagian tengah.

 

?Ibex

Ibex adalah salah satu fauna endemik dari Arab. Sekilas kamu akan meliharnya seperti kambing karena memang Ibex merupakan kambing gunung di Arab. Ibex sudah terbiasa hidup di dataran yang panas dan tandus. Kambing gunung ini memiliki tanduk yang cukup panjang namun berbentuk melingkar.

 

Unta

Unta tentu saja sudah menjadi hewan endemik Arab yang paling populer dan diketahui oleh siapa saja yang datang ke Arab. Fauna ini dapat bertahan dalam cuaca yang panas dan gersang karena memiliki persediaan air di dalam punuknya. Namun jangan salah, apabila kamu berkunjung ke Arab, banyak sekali susu unta yang dijual. Selain digunakan untuk perjalanan jauh, ternyata unta juga menjadi hewan ternak di Arab.

 

Sebenarnya masih banyak flora dan fauna endemik yang dapat kamu pelajari lebih jauh. Tidak ada salahnya mengenal daerah tempat kamu akan melaksanakan umroh, untuk dapat mengetahui hal-hal baru, dan tentunya kamu tidak merasa asing lagi apabila melihat suatu flora atau fauna tersebut ketika melakukan perjalanan.

7
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer