Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

MENGENAL KISWAH, PENUTUP KABAH SEHARGA 43 MILIAR

1 min read

MENGENAL KISWAH, PENUTUP KABAH SEHARGA 43 MILIAR

Saat menjalankan ibadah umroh atau haji, salah satu rukun yang dijalankan ialah thawaf alias berjalan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh putaran. Saat itulah, kita akan bisa melihat penutup Kabah yang bernama kiswah. Kiswah sendiri terbuat dari kain hitam yang dihiasi tulisan kaligrafi pada permukaannya. Kata kiswah sendiri ialah kain penutup tepi. Tujuan pemasangannya adalah agar dinding Kabah terlindung dari kotoran serta panas agar tidak rusak.

 

Kain kiswah nyatanya ngga hanya berjumlah satu saja, lho. Tiap tahunnya, kain kiswah ini akan diganti dengan yang baru. Penggantian kiswah biasanya akan dilakukan pada 9 Dzulhijjah atau saat musim haji. Banyak orang yang kepo apa sih kiswah itu, bikinnya di mana, harganya berapa, atau buat yang pengin beli, pasti penasaran situ bisa COD ngga ya sis?

 

Kain kiswah dibuat dari bahan bernilai tinggi dan ngga asal-asalan. Luasnya sekitar 658 meter persegi dan secara keseluruhan dibuat dari sutera seberat 670 kg serta benang emas seberat 150 kg. Wah! Istimewa dan mewah banget, kan?

 

Proses pembuatan kain penutup Kabah ini ngga sekaligus jadi dalam satu bagian. Kiswah akan dibagi menjadi 47 bagian di mana tiap bagiannya memiliki ukuran panjang 14 meter dan lebar 101 meter. Agar proses pengerjaannya semakin cepat dan terbantu, penjahitan ayat-ayat Al Quran di permukaan kiswah telah dibantu dengan penggunaan komputer. Tadinya sih, kaligrafinya dikerjakan secara manual alias menggunakan tangan.

 

Biaya pembuatan kiswah ini jelas ngga murah. Kainnya saja butuh ratusan meter dan benang emasnya berkilo-kilo. Belum lagi tenaga manusia yang membuat kiswah juga pasti ngga sedikit. Konon kabarnya dibutuhkan dana 17 juta riyal atau setara 43 miliar rupiah untuk satu kain kiswah yang diganti tiap tahun! Gila,duit semua tuh?

 

Pada 1931, pemerintah negara Arab Saudi telah memutuskan untuk membuat sebuah pabrik kiswah yang didirikan di kota Mekkah. Pabrik ini bisa kita lihat di pinggiran Mekkah. Luasnya 10 hektar dan ada total 240 pengrajin yang dipekerjakan guna membuat satu kain kiswah. Banyak banget kan tuh, secara kiswah ini pembuatannya terbagi menjadi 47 bagian.

 

Kalau mau lihat langsung seperti apa sih proses pengerjaan kain kiswah, kita bisa mengunjungi pabriknya saja karena dibuka untuk umum. Eits, tapi kita harus terlebih dulu mengantongi surat izin permohonan berkunjung pada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Jeddah. Kalau ngga mau ribet mengurus suratnya, pilih saja biro umroh yang menawarkan kunjungan ke pabrik kiswah.

 

8
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *