Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

MENGENAL KALIMAT TALBIYAH DAN MAKNANYA

1 min read

MENGENAL KALIMAT TALBIYAH DAN MAKNANYA

Jamaah haji maupun umroh pastinya nggak asing lagi dengan kalimat talbiyah. Talbiyah sendiri ialah bacaan ketika seseorang sudah berniat untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Talbiyah nggak sekedar bacaan tanpa ada makna, tapi merupakan pernyataan sakral yang penting. Talbiyah bermakna bahwa seseorang telah bertauhid pada Allah, mendeklarasikan keesaan Allah serta berjanji bahwa kita akan menjauhi syirik serta berserah diri dan meminta pertolongan hanya pada Allah.

 

Makna talbiyah ternyata masih ada lagi, lho. Talbiyah berarti mengesakan Allah sebagai Tuhan dari semesta alam dan Zat paling berkuasa atas seluruh makhluk. Lewat pemahaman dan pendeklarasian Allah yang maha satu, kita juga harus memantapkan diri agar senantiasa berserah diri pada Allah, percaya akan keputusan-Nya dan hanya meminta pertolongan pada-Nya. Selain itu, kita juga sebaiknya hanya berkeluh kesah pada-Nya, bukan pada yang lain.

 

Memahami serta memaknai talbiyah berarti kita harus mengimplementasikannya juga, ngga sekedar ngomong tanpa berbuat apa-apa. Implementasi yang dimaksud tentu dalam bentuk perbuatan yaitu sebisa mungkin menjaga kalimat tersebut. Salah satunya adalah menjalankan tauhid dan menjauhi segala bentuk yang dapat membatalkan tauhid. Di antaranya adalah syirik, bahkan walau hanya sedikit saja.

 

Memahami serta memaknai kalimat talbiyah juga berarti bahwa kita paham bahaya serta dosa atas menduakan Allah. Syirik terutama adalah dosa besar yang nggak akan termaafkan. Saat kita bertalbiyah, artinya kita tengah mendeklarasikan janji serta mengerti akan segala konsekuensinya. Ini berarti, perkataan talbiyah yang kita ucapkan haruslah sejalan dengan perbuatan, bukannya malah bertentangan.

 

Talbiyah memang memiliki makna yang dalam, sebagaimana hati yang teguh serta ikhlas dalam melaksanakan panggilan-Nya dalam menjalankan ibadah haji. Melalui talbiyah, kita harus tulus serta ikhlas dalam menjalankan keseluruhan rangkaian ibadah haji. Termasuk di antaranya adalah menunaikan ibadah ini untuk Allah dan demi mengharap rahmat-Nya, bukan hanya sekedar gaya-gayaan dan titel. Talbiyah yang diucapkan berulang-ulang berarti kita mengucap komitmen pada Allah atas janji yang sudah dideklarasikan. Tentunya kita nggak mau dong jadi orang PHP dan mengingkari komitmen yang udah dibuat sendiri?

 

Waktu yang tepat dalam mengucapkan talbiyah ialah saat jamaah sedang menjalankan umroh ataupun haji. Ucapkan setelah niat umroh hingga hendak menunaikan thawaf. Jamaah haji bisa mengucapkan kalimat talbiyah ini setelah niat sampai melontar jumrah pada 10 Dzulhijjah. Sudah jelas kan kalau talbiyah bukan sekedar kalimat biasa, melainkan mengandung makna dalam akan tauhid pada Allah dan janji untuk menjauhi syirik serta senantiasa bertawakal pada-Nya. MasyaAllah. keren ngga tuh! 

8
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *