Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

MENGENAL 4 NAMA LAIN KOTA MEKAH

1 min read

MENGENAL 4 NAMA LAIN KOTA MEKAH

Pernah dengar tempat bernama Ummul Quro? Bagaimana kalau Mekkah? Nama yang pertama terdengar sangat asing, apalagi dibanding nama kedua kan? Padahal, keduanya adalah tempat yang sama loh! Ummul Quro adalah nama lain kota Mekkah. Yap, meski sangat terkenal dengan nama Mekkah, tapi kota impian yang ingin dikunjungi semua umat islam ini punya banyak sekali nama. Ummul Quro yang artinya induk kota ini hanya salah satunya. Nama Ummul Quro sendiri bisa kamu temukan dalam Al-quran surat Asy-Syura ayat 7. Selain Ummul Quro, apa saja sih nama lain Mekkah? Yuk kita berkenalan dengan nama-nama itu.

<meta charset="utf-8" />

<meta charset="utf-8" />


Bakkah
Bisa dibilang nama lain kota Mekkah inilah yang paling populer. Nggak heran ya karena kalau didengarkan, nama Bakkah sangat punya kemiripan dengan nama Mekkah. Coba sebutkan saja.. Mekkah... Bakkah... Mirip kan?


Ma’ad
Ma’ad artinya tempat kembali. Sangat dalam kan maknanya? Seperti orang-orang yang pergi merantau baik untuk kerja maupun menempuh pendidikan, maka rumah adalah tempat mereka kembali. Begitu pun Mekkah bagi umat islam, merupakan tempat kembali untuk mendapatkan kedamaian batin setelah menjalani kehidupan dunia.

Al Baldah
Ada juga Al Badah yang disebutkan dalam surat An-Naml ayat 91. Di dalam surat Al-quran tersebut berbunyi Al-Baldahi, tidak ada kata Mekkah. Namun Al-Baldah itu maksudnya adalah Mekkah. Arti nama Al-Baldah sendiri adalah negera atau negeri.

Al Baladil Amiin
Nah, yang satu ini ngga asing kan buat kamu? Rasanya sering kamu temukan saat membaca Al-quran. Ngga heran sih, karena Al-baladil Amiin tercantum di surat Al-Baqarah ayat 126, masih di jus pertama Al-quran. Selain itu, nama ini juga menjadi nama pusat perbelanjaan di Jeddah. Kamu yang pernah mencari oleh-oleh umroh atau haji, mungkin pernah ke pusat perbelanjaan itu. Nama lain kota Mekkah ini sendiri bermakna negeri yang aman. 


Selain nama-nama di atas, Mekkah juga punya julukan khusus seperti Baitullah dan Tanah Haram. Baitullah artinya Rumah Allah, sedangkan Haram dalam nama Tanah Haram artinya mulia. Semua nama lain kota Mekkah bagus kan artinya? 
 

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *