Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MENGEJAR BERKAH KETIKA UMROH

1 min read

MENGEJAR BERKAH KETIKA UMROH

Berkah dalam KBBI berarti karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Mengejar berkah ketika umroh berarti berusaha mendapatkan karunia dari Allah SWT selama di Mekah agar kehidupan setelah ibadah umrah selalu diliputi oleh kebaikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh jemaah untuk mendapat berkah selama di tanah suci.

 

  1. Perbanyak Zikir, Doa, dan Tobat

 

Kalu sedang ngga melakukan Thawaf, salat, atau membaca Al-Qur’an, kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan memperbanyak zikir, salawat, dan berdoa memohon hal baik yang kamu inginkan sekaligus mengejar berkah ketika umroh. Hal ini pasti lebih mendapat banyak manfaat daripada waktu kosong dihabiskan buat mengobrol atau melamun. Jangan lupa juga untuk memperbanyak bertobat dan memohon ampun kepada Allah atas dosa yang selama ini sudah dilakukan.

 

  1. Selalu Bersyukur dan Bersedekah

 

Mendapat kesempatan bisa berkunjung ke rumah Allah, di mana ngga semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini pastinya jadi hal yang harus disyukuri. Lalu, bersyukur atas kemudahan yang didapat mulai dari persiapan keberangkatan sampai kembali lagi ke tanah air juga ngga boleh dilewatkan. Belum lagi setiap kenikmatan beribadah selama di tanah suci, yang semakin kita bersyukur akan semakin bertambah pula kenikmatan lainnya.
 

Yap, mengejar berkah ketika umroh bisa dilakukan segampang selalu bersyukur atas semua hal baik yang terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak infak dan sedekah. Meskipun di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ngga disediakan kotak amal seperti kebanyakan masjid di Indonesia, kita tetap bisa bersedekah dengan cara lain. Seperti memberi makanan atau minuman kepada petugas atau pendorong kursi roda yang ada di sekeliling masjid.

 

  1. Melaksanakan Salat Jenazah

 

Di Masjidil Haram, salat jenazah hampir sama dengan salat lima waktu, yaitu bisa dilaksanakan sampai lima kali dan dilaksanakan setelah salat wajib meski hukum salat jenazah adalah fardhu kifayah. Alasannya karena cukup banyak jemaah haji dan umrah yang meninggal di tanah suci sehingga salat jenazah rutin dilaksanakan. Mengejar berkah ketika umroh juga bisa dilakukan melalui salat jenazah ini karena kita turut mendoakan untuk sesama muslim yang “gugur” di tanah suci agar diberi kebaikan dan keselamatan di akhirat. Oleh karena itu ada baiknya kita mempelajari kembali tata cara salat jenazah yang baik dan benar sebelum melaksanakan umrah.

 

 

 

image: https://voize.my/

5
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *