Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MEMPERSIAPKAN HATI UNTUK BERIBADAH HAJI

1 min read

MEMPERSIAPKAN HATI UNTUK BERIBADAH HAJI

Waktu keberangkatan ke tanah suci tinggal menghitung hari. Sebentar lagi kamu bisa merasakan kesempatan untuk bisa datang ke tanah suci dan berdoa secara langsung ke rumah Allah serta memenuhi panggilan-Nya untuk beribadah haji. Semua hal sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, mulai dari materi, fisik, mental, sampai barang bawaan. Namun ada satu hal yang ngga boleh terlupakan dan paling penting, yaitu mempersiapkan hati untuk beribadah haji. Padahal kesiapan hati jadi hal paling esensial ketika ibadah haji dan akan memengaruhi pelaksanaan ibadah ketika di tanah suci nanti. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan hati sebelum berangkat ke tanah suci, yaitu:

 

  1. Mantapkan Niat dan Tujuan

 

Yakinkan lagi dalam hati bahwa berangkat ke tanah suci ini dengan niat dan tujuan semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT, bukan untuk mencari pujian ataupun keuntungan duniawi lainnya. Kalau sedari awal sudah diniatkan mencari ridho Allah, Insya Allah ibadah haji akan mabrur dan menjadi berkah. 

 

  1. Perbanyak Sedekah

 

Memperbanyak sedekah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan hati dalam beribadah haji. Sedekah bisa meluluhkan hati yang keras, membangun sifat kemanusiaan yang hati, melatih kepedulian dan toleransi kepada sesama. Memberikan sedekah juga sebagai cara memberikan hak orang lain yang ada di dalam rezeki kita.

 

  1. Meninggalkan Akhlak Buruk

 

Akhlak buruk seperti rafats (mengucap kata kotor, ngga berguna), fusuq (maksiat, keluar dari ketaatan Allah SWT), dan jidal (suka berdebat dengan orang lain, bertengkar) harus dihilangkan ketika sedang melaksanakan ibadah haji, bahkan sampai sepulangnya dari tanah suci, tentunya agar hati kita senantiasa dipenuhi dengan akhlak terpuji.

 

  1. Mengutamakan Kebaikan dan  Kesabaran

 

Saat berada di tanah suci, kita akan dipertemukan dengan umat muslim dari seluruh dunia dengan segala perbedaannya. Oleh sebab itu, mempersiapkan hati dalam beribadah haji berguna agar kita selalu rendah hati, ngga menyakiti orang lain, sabar, selalu menolong dan berbuat kebaikan kepada sesama jemaah haji.

 

  1. Selalu Bersyukur

 

Banyak orang yang bilang bahwa sebenarnya bersyukur adalah hal yang gampang banget buat dilakukan, sekaligus hal yang susah bahkan hanya untuk diingat. Nah, sebelum melaksanakan ibadah haji, kamu harus belajar selalu bersyukur, mulai dari diberikannya kesempatan untuk bisa beribadah sampai kemudahan yang didapat di tanah suci nanti.

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *